FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Senin, 18 Mei 2020

Fungsi Menu Ribbon Microsoft Excel

Membuat Menu sendiri dengan Customize Ribbon

Menu Ribbon microsoft excel
erdiprint.blogspot.com di posting pada tanggal 18 Mei 2020 

Menu Ribbon pertama kali diperkenalkan oleh microsoft pada microsoft office 2007, yaitu dengan tujuan agar user lebih mudah dan intuitif dalam menggunakan tools excel. pada versi excel 2007 menu ribbon secara default tidak dapat kita customize sesuai dengan keinginanan kita.  pada excel versi 2010 ketas menu ribbon sudah ditambah kemampuanya yaitu ditambahkan customize ribbon. Customize ribbon adalah salah satu fitur pada menu ribbon yang digunakan untuk mengelompokkan tools excel kedalam sebuah menu tab.

Baca Juga : Cara Menambahkan dan Menghapus Shortcut Pada Quick Access Toolbar

customize ribbon excel

customize ribbon

Kegunaan dan fungsi dari customize ribbon adalah kita dapat membuat menu tab baru dengan mengelompokan tools yang sering kita pakai. sebagai contoh setiap hari kita bekerja dengan tools excel yaitu Sort, Conditional formatting, Filter, PivotTable, Chart, Data validation, Format Painter, Insert Function dan tools lainnya. kita ingin agar kita mudah menjangkau tools-tools tersebut tanpa harus mencari ke menu tab lain cukup dalam satu menu tab saja. berikut langkah-langkah untuk membuatnya

Baca Juga : Tujuan dan Maksud Garis Merah dan Hijau yang Ada di Word

  1. Masuk ke tab file, pada backstage view pilih Option
  2. Pada window Excel option pilih Customize ribbon.
  3. Akan tampil 2 kolom pada customize ribbon, kolom kiri adalah kolom tools, dan kolom kanan adalah kolom menu tab
  4. Kita akan buat menu baru setelah tab home, maka kita klik home kemudian pilih New tab. kemudian akan dibuatkan tab dan group baru bentuknya adalah custom.
    new tab customize ribbon
  5. Klik new tab kemudian pilih Rename. kita dapat ubah nama tabnya menjadi “Tools Didi” dan nama groupnya adalah “Olah data”
  6. Untuk menambahkan tools yang akan kita gunakan. pertama klik pada group “olah data” yang sudah dibuat kemudian pilih toolsnya misal adalah PivotTable kemudian klik Add.
    menggunakan customize ribbon
  7. Tambahkan semua tools yang anda inginkan. jangan klik OK untuk menyimpannya.
  8. Hasil dari tampilanya seperti penampakan berikut.

cara customize ribbon

Setting Customize ribbon

Setelah kita membuat menu custom, menu ini hanya akan disimpan dalam aplikasi excel yang sedang kita pakai saja. agar dapat kita gunakan untuk aplikasi excel di komputer yang lainnya kita dapat export pengaturannya dan import kedalam aplikasi excel di komputer yang lainya. Kita juga dapat Hide dan Unhide menu tab yang ada pada ribbon deng check dan uncheck pada ribbon

Baca Juga : Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah & Cepat

export cuztomize ribbon

Bagaimana Sudah Cukup paham bukan... jangan lupa untuk kunjungi artikel kami yang lainnya yaa.. Terima Kasih 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar