FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Senin, 08 Juli 2019

Fitur Maintenance Pada Printer Epson L Series

Fitur Maintenance Pada Printer Epson L Series

ada kalanya printer mengalami masalah ringan seperti hasil jelek karena tidak terpakai beberapa hari, atau tiba - tiba hasil membayang, bahkan kertas hasil print terkena noda tinta. Untuk orang awam biasanya solusi hanya di bawa ke tempat service, namun tahukah anda pada driver epson terdapat fitur maintenance yang bisa kita pakai untuk mengetahui status printer kita bahkan memperbaiki kerusakan ringan printer kita? Kali ini Saya akan membahasnya.

     Untuk mempersingkat waktu pertama tama pastikan anda sudah menginstall cd driver pc anda. Jika cd driver anda hilang tinggal download di website epson saja. Pada platform windows cukup klik start > device and printer (win7 - win10) / printer and fax (win xp), lalu anda akan masuk pada tab dimana akan ada daftar printer dan device lain yang terkoneksi di pc anda.

     Cari printer anda (misal Epson L360 Series), klik kanan pada printer anda lalu klik printing preference. Klik maintenance pada panel diatas, setelah anda klik pasti banyak fitur yang ada, dan kali ini Mediasura akan menjelaskan fitur penting pada maintenance epson. Diantaranya adalah :


Epson Status Monitor 3
     Fitur ini digunakan untuk mengetahui status printer & tinta anda (normal, error, error load papper, ink low dll.). Jika anda klik akan muncul tab baru berisi informasi tentang printer anda.


Nozzle Check
     Fitur ini digunakan untuk mengetahui status hasil print head anda, apakah normal atau ada yang buntu. Jika anda klik printer akan print hasil print head anda beserta jumlah lembar yang sudah anda print.

Head Cleaning
     Fitur ini adalah pertolongan pertama jika hasil print anda mengalami gangguan. Jika anda klik printer akan melakukan proses pembersihan print head selama kurang lebih 2 menit.

Power Ink Flusing
     3x lebih kuat dari Head Cleaning, gunakan cara ini saat pembersihan print head lewat Head Cleaning gagal. tapi jangan sering gunakan fitur ini karena selain menguras tinta lebih banyak, pembuangan dan memory counter mainboard anda akan penuh / bocor.

Print Head Aligment
     Jika hasil print anda membayang anda perlu klik print head aligmentagar printer anda melakukan proses penyelarasan hasil print. mungkin fitur ini agak rumit untuk orang awam, namun jika mengalami kesulitan jangan sungkan hubungi call center.

Papper Guide Cleaning
     Hasil print out anda kotor? mungkin ada tinta atau cairan yang jatuh pada roll anda. Jika noda itu sedikit anda cukup klik papper guide cleaning untuk membersihkan roll anda dengan kertas yang ada, lakukan terus hingga hasil print out bersih.


Baca Juga : Filosofi Komputer
Cara Print Dari Handphone
Perangkat Keras Komputer

     Itulah fitur fitur penting yang ada pada maintenance epson. Jika anda masih mengalami kesulitan anda dapat meminta bantuan call center epson atau teknisi untuk memandu anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar