Fungsi
– Fungsi Menu References
Menu perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau
referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Perbukuan perlu dilengkapi
dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya
semakin cakep. Tampaknya tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam
menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan
saudara-saudaranya).
Bagi kalian yang kuliahan mungkin perlu mengakrabkan diri dengan
tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut
untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
·
Group
Table of Contens
1.
Table
of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan
menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen.
Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan sub judul
secara otomatis dari file dokumen yang tengah kalian garap.
2. Add Text digunakan untuk mengelola
paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah
dibuat.
3. Update Table digunakan untuk memperbarui
daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat kalian
menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status
daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan
perubahan terkini dalam dokumen.
·
Icon Group
Footnotes
Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan
catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan untuk
menyisipkan catatan di akhir bab. Namun cara penggunaannya sama, bila perintah
Endnote diklik, sistem akan membawa kalian pada akhir bab Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki
down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan
footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan,
baik footnote maupun endnote.
·
Group
Citation & Bibliography
Sedangkan icon Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber
kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk
bibliography yang diinginkan. Menu Bibliography digunakan
untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.
Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar
ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan
daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap
daftar katalog gambar.
Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan
referensi silang.
·
Icon
Perintah pada Group Index
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam
dokumen.
Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata
(indeks) ke dalam dokumen.
Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks
terkini. Saat kalian menambahkan kalimat baru di suatu bahasan, mungkin akan
menggeser halaman yang sebelumnya sudah terdaftar dalam indeks sehingga daftar
nomor halaman yang sudah terindeks tidak akurat lagi dengan kondisi terbaru
dari dokumen kalian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar