Fungsi Menu References Pada Ms. Word
Menu perintah yang terdapat di tab References secara
umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan
dengan dunia perbukuan. Perbukuan perlu dilengkapi dengan atribut referensi
yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin cakep. Tampaknya tab
Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup
kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya).
Bagi kalian yang kuliahan mungkin perlu mengakrabkan diri dengan
tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut
untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
- Group Table of Contens
1. Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu
ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila
mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan sub judul
secara otomatis dari file dokumen yang tengah kalian garap.
2. Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam
kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
3. Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat kalian menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
- Icon Group Footnotes
Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki
(rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan
untuk menyisipkan catatan di akhir bab. Namun cara penggunaannya sama, bila
perintah Endnote diklik, sistem akan membawa kalian pada akhir bab Next Footnote berfungsi
untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik,
akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note
yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan,
baik footnote maupun endnote.
- Group Citation & Bibliography
Insert Citation digunakan
untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini,
Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional.
Sedangkan icon Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber
kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
Menu Style berfungsi
untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan
daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.
- Icon Perintah pada Group Captions
Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar
ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar
yang disisipkan ke dalam dokumen.
Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap
daftar katalog gambar.
Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.
- Icon Perintah pada Group Index
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam
dokumen.
Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata
(indeks) ke dalam dokumen.
Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks
terkini. Saat kalian menambahkan kalimat baru di suatu bahasan, mungkin akan
menggeser halaman yang sebelumnya sudah terdaftar dalam indeks sehingga daftar
nomor halaman yang sudah terindeks tidak akurat lagi dengan kondisi terbaru
dari dokumen kalian.
Baik sekian dari kami semoga bermanfaat buat teman-teman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar