FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Kamis, 28 Maret 2019

PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA by ERDI PRINT


PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA

Pada tahun 1980-an jaringan computer pertama yang masuk ke Indonesia melibatkan 5 universitas yang saling terhubung, yaitu UI, UT, ITB, UGM, dan ITS dengan fasilitas dial-up yang disebut dengan UNInet. Tetapi  jaringan ini tidak berkembang  karena terdapat masalah dan kurangnya infrastruktur yang memadai.
  • Tahun 1986-1987

Berawal dari tulisan-tulisan awal yang datang dari kegiatan amatir radio khususnya di Amatir Radio Club (ARC),   yang belajar bersama untuk mempelajari paket radio pada band 40 yang kemudian di dorong kea rah TCP/IP.
  • Tahun 1989-1990

Berawal dari mailing list pertama, yaitu Indonesians@janus.berkeley.edu, diskusi-diskusi antar mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri . mailing list  ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis  dalam pembangunan komunitas internet di Indonesia.
  • Tahun 1992-1994

Teknologi packet radio TCO/IP yang diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPANN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan paguyubanNet. AMPR ( Amatir Packet Radio Network) yang menggunakan IP pertama dikenal dengan nama domain AMPR.org dan IP 44.132.BPPT mengoperasikan gateway tersebut yang bekerja pada band 70 cm dengan menggunakan PC 386 dan OS DOS yang menjalankan program NOS sebagai gateway packet radio TCP/IP.
  • Tahun 1994-1995

Sejak tahun 1994 internet masuk ke Indonesia dengan Top Level Domain ID (TLD ID) primer yang dibangun  di server  UUNET, lalu dilanjutkan dengan domain tingkat dua  (Second Level Domain). ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet yang terhubung  ke internet dengan kapasitas bandwidth 64Kbps.
  • Tahun 1995-sekarang

Akhirnya akses internet Indonesia terus berkembang denga seiringnyawaktu. Indonesia dapat dibilang mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sampai sekarang. Menurut lembaga yang dapat memperkirakan pengguna internet di Indonesia sampai tahun 2014 mencapai 88,1 juta dan itu diperkirakan terus bertambah karena diiringi teknologi mobile yang semakin canggih dan juga terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar