FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Senin, 10 Juni 2019

Pengertian Fungsi dan Contoh Software Installasi Driver


Pengertian Fungsi dan Contoh Software Installasi Driver 

Komputer merupakan sebuah teknologi yang terdiri dari beberapa macam komponen seperti Hardware, Software, dan Brainware atau pengguna. Namun perlu anda ketahui bahwa terdapat salah satu bagian penting di dalam sebuah komputer selain tiga komponen utama yang telah di sebutkan tadi, yaitu adanya sebuah driver. Walaupun driver bukan menjadi salah satu komponen wajib dalam sebuah komputer, namun peranan driver sangat berpengaruh pada kinerja komputer.
Sebelum anda belajar mengenai driver, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu mengenai Hardware, Software, dan juga Sistem Operasi. Tiga hal tersebut memang tidak dapat di pisahkan dari keberadaan sebuah driver yang terinstall di dalam sebuah komputer atau laptop yang ada hingga saat ini.
·        Pengertian Driver

driver merupakan suatu software atau perangkat lunak komputer namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Peranan driver dalam sebuah komputer yaitu sebagai software penunjang yang bersifat khusus. Mengapa di katakan khusus? Karena dengan adanya driver maka dapat terjadi interaksi antara  sebuah komputer dengan hardware yang terhubung. Seperti Printer, VGA, LAN Card, Keyboard, Mouse dan lain sebagainya.
·        Fungsi Driver

Driver berfungsi sebagai panduan atau pengendali agar sebuah komputer dapat mendateksi dan menjalankan sebuah hardware yang sudah terpasang dalam komputer tersebut. Kinerja driver dalam sebuah komputer di ibaratkan sebagai buku panduan untuk masing – masing hardware yang terpasang. Misalkan sebuah driver VGA berarti dapat di katakan sebagai buku pandauan untuk menjalankan fungsi VGA dengan optimal sehingga konsumsi daya komputer tidak boros.
Bahkan tak sedikit pula banyak dijumpai sebuah perangkat tidak dapat berjalan seperti Wi-FI, Bluetooth, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat terjadi karena driver belum terinstall atau driver yang telah terinstall belum di update. Biasanya ketika melakukan install ulang sebuah sistem operasi juga di barengi dengan installasi driver, sehingga akan memudahkan para konsumennya. Fungsi sebuah driver dapat di katakan sangat penting terutama dalam hardware yang terpasang pada komputer anda.

·        Contoh Software Untuk Installasi Driver

Dalam melakukan sebuah installasi driver pada sebuah komputer dapat di lakukan dengan menggunakan dua cara yaitu dengan mengunduh satu persatu driver melalui website resmi sesuai dengan spesifikasi dan sistem operasi yang di gunakan dan yang kedua menginstall driver secara otomatis. Pada umumnya menginstall sebuah driver secara otomatis biasanya menggunakan software khusus untuk mengakses berbegai macam driver sesuai spesifikasi yang di inginkan.
Kebanyakan para pengguana lebih menyukai proses installasi driver secara otomatis karena lebih simpel dan efisien. Nah disini mastekno akan memberikan beberapa contoh software yang dapat anda gunakan untuk installasi driver secara otomatis. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

·         Driver Pack Solution
Software installasi driver otomatis yang pertama yaitu bernama Driver Pack Solution, software besutan Artur Kuzyakov ini menjadi salah satu software driver pack terbaik. Driver Pack Solution akan secara otomatis menganalisa komputer anda dan akan langsung memberikan beberapa pilihan driver terbaik sesuai dengan kebutuhan.
Selain itu, Driver Pack Solution juga di bekali dengan adanya database driver yang cukup unik dan juga memiliki kemampuan Machine Learning yang dapat membantu anda dalam menginstall driver secara otomatis, hal tersebut menjadi salah satu alasan para pengguna memilih Driver Pack Solution.

·         DriverMax
Walalupun tergolong software driver pack yang sederhana, namun software DriverMax mampu memberikan performa yang maksimal yaitu dengan selalu mengupgrade driver – driver yang telah terinstall pada komputer anda. Dengan menggunakan software DriverMax, maka anada tidak perlu repot – repot untuk mencari driver satu persatu, karena hal tersebut sudah menjadi tugas DriverMax.

·         Driver Booster
Selain dapat mengupadate driver yang telah terinstall, ternyata software Driver Booster juga dapat meningkatkan performa hardware yang terpasang pada komputer yang anda gunakan. Driver Booster merupakan software driver terbaik khususnya untuk anda para gamers karena memiliki kemampuan yang spesial. Dengan menggunakan Driver Booster anda juga dapat melakukan Tweaking untuk keperluan game yang anda mainkan. Selain itu Driver Booster juga cukup aman, karena secara otomatis akan menginstall driver baru dan melakukan uninstall driver lama secara otomatis.

·         Driver Easy
Dilihat dari namanya, software driver pack yang satu ini memang tergolong software yang sederhana dan mudah di gunakan untuk anda dalam mengelola dan mengupdate driver – driver pada komputer yang anda gunakan. Driver Easy juga memiliki fitur Scan and Update layaknya antivirus yang akan melakukan scan pada driver dan menampilkan driver – driver yang perlu di update.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar