FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Rabu, 07 Agustus 2019

Membuat Label Baris Atau Kolom Excel Selalu Tetap Kelihatan (Freeze)

Membuat Label Baris Atau Kolom Excel Selalu Tetap Kelihatan (Freeze)

Holla..... masih seputar Excel yah dari guweh :) 
Microsoft Excel memiliki baris dan kolom dalam jumlah besar. Kalian juga dengan leluasa dapat memasukkan data dalam jumlah besar pula. Tabel data dapat melebar ke kanan dan juga turun ke bawah dengan leluasa. Yang mungkin menjadi kendala saat melihat data di bagian paling kanan atau bawah adalah label baris atau kolom juga ikut bergeser. Ini dapat menyebabkan hilangnya hubungan antara data dan arti yang diwakili label tersebut.
Untuk mengatasi ini, kalian dapat menggunakan fitur Freeze Panes di Excel. Fitur ini membolehkan kalian melihat-lihat data dengan tetap menampilkan label baris atau kolom. Dengan demikian, kalian tidak akan kehilangan hubungan antara data dan arti yang diwakili label tersebut. Berikut ini cara untuk menjaga agar label kolom tetap kelihatan:
Buka aplikasi Microsoft Excel dan buka lembar kerja yang sudah memiliki data. Kalian dapat memperhatikan kembali posisi label kolom berada di baris paling atas.
Pastikan terlebih dahulu kalian telah berada di tab View, klik tombol berlabel Freeze Panes dan kemudian pilih Freeze Top Row dari daftar menu yang ditampilkan.

Sekarang label data akan tetap kelihatan meskipun kalian menggerakan batang penggulung (scroll bar) yang ada di samping kanan untuk melihat data-data yang ada di bagian bawah.
 
Sekian dan semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar