FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Selasa, 21 Januari 2020

Template dan Cara Mengaplikasikannya


Template dan Cara Mengaplikasikannya

Templat (templates) adalah kumpulan pengaturan gaya (styles) dan pemformatan yang dapat menghemat banyak waktu Anda saat membuat dokumen baru. Anda dapat menemukan templat untuk hampir semua jenis dokumen, dari pamflet (flyer) sampai resume, dan dari kartu ulang tahun sampai spanduk. Anda juga dapat membuat templat sendiri agar tidak perlu selalu membuat ulang dokumen dari awal. Ikuti panduan berikut untuk mempelajari caranya.

1.    Klik tombol File. Pilih New dari menu File. Langkah ini akan membuka menu pilihan Templat.
2.    Telusuri templat-templatnya. Susunan menu ini berbeda-beda, tergantung versi Word kalian.
3.    Buka templatnya. Setelah kalian menemukan templat yang di inginkan, klik tombol Create/Download. Templat tersebut akan diunduh ke komputer kalian, asalkan koneksi internet kalian aktif. Setelah templat terunduh, dokumen baru kalian akan terbuka dengan templat yang udah di pilih.
4.    Ganti informasi di templat dengan isi dari kalian. Setelah templat termuat, kalian dapat mulai menyuntingnya.

Mengaplikasikan Templat pada Dokumen yang Telah Ada
1.    Klik File dan pilih Options. Menyematkan templat pada dokumen yang telah ada akan mengaplikasiskan semua gaya yang berkaitan dengan templat itu pada dokumen kalian, tetapi tidak akan menyisipkan teks atau gambar dari templat itu.
2.    Pilih Add-Ins pada menu Options. Fitur ini terletak pada bagian bawah daftar kategori.
3.    Klik menu (drop-down). Menu ini terletak di bagian bawah jendela. Secara default, menu ini menunjukkan “COM Add-ins”. Pilih “Templates” dan klik tombol “Go”. Langkah ini akan membuka jendela Templates dan Add-ins
4.      Klik Attach. Ini akan membuka sebuah peramban berkas. Pada peramban ini kalian dapat memilih template yang kalian ingin aplikasikan.
5.      Centang kotak “Automatically update documents style”. Hal ini akan memastikan bahwa gaya templat itu otomatis diaplikasikan ke isi dokumen kalian.
6.      Klik tombol OK.
7.      Tinjau ulang perubahannya. Setelah kalian mengeklik tombol OK, dokumen kalian akan mengadopsi templat bersangkutan. Jika tidak puas dengan hasilnya, kalian dapat menekan Ctrl+Z untuk membatalkan, atau ikuti langkah-langkah di atas dan sematkan templat “Normal”
Membuat sebuah dokumen dengan template sendiri
Membuat templat sendiri akan sangat berguna jika kalian membuat dokumen dengan tipe yang sama berulang-ulang. Memiliki templat yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan kalian dapat menghemat banyak waktu.
1.    Ketika membuat sebuah templat, format dokumen aslinya sedemikian rupa sehingga kalian dengan mudah dapat melihat bagian mana yang perlu diperbarui ketika membuat salinan terakhir.
2.    Klik File dan pilih Save As. Klik menu tarik-turun “Save as type” di bawah nama berkas.
3.    Simpan templat kalian. Pastikan kalian memberikan nama yang tepat sehingga kalian mudah mengenali kegunaannya. Hal ini penting terutama jika kalian membuat banyak templat
4.    Buat dokumen baru dengan templat kalian. Setelah templat selesai dibuat, kalian dapat mulai menggunakannya untuk membuat dokumen baru. Klik File, lalu pilih New. Jika ini adalah pertama kali kalian menggunakan templat di Word, kalian harus menginstalnya. Untuk melakukan hal ini, pilih templat yang kalian ingin gunakan dan klik “Ok” untuk menginstal dan membuka templat itu.

Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar