FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Rabu, 27 Januari 2021

Cara Ngeprint Dokumen Biar Berurutan

 

Cara Ngeprint dokumen biar Berurutan

 

Bagi kalian yang sedang sekolah, kuliah, kantoran maupun usaha pribadi… Mencetak dokumen merupakan hal yang sering pastinya dilakukan, mulai dari mengerjakan tugas sekolah, tugas perkulihan, cetak skripsi, cetak laporan kerja, membuat buku, bikin laporan penjualan  serta pembelian dan yang lain – lain lah, dan tentunya sangat menyusahkan apabila jika harus menyusun ulang hasil print tersebut, iya kannn ?? Iya kalo yang kalian print Cuma 10 sampe 15 an halaman, nah kalo diatas 50 atau ratusan… tentunya lumayan menyita banyak waktu juga lah jika dokumen yang kalian print  tersebut memiliki banyak halaman, alangkah baiknya jika dokumen itu kita print otomatis tersusun sesuai halaman. Cara yang dapat di lakukan untuk Mencetak Dokumen dari Halaman Belakang, yaitu :

 

1. 1. Setting Manual


Seperti mencetak dokumen biasa, tekan CTRL+P maka akan muncul seting printernya, Setelah muncul tampilan printernya, pada kolom pages, di page range tulis halaman terakhir sampai halaman awal, lalu klik OK.

 

2.  2. Setting Printer Otomatis,

   Pertama klik tombol Windows/Star, lalu klik atau ketik Printers and scanners. Pilih printer yang akan diatur, kemudian klik di Manage,

 


  3. lalu pilih Printing Preference

 

Setelah muncul tampilan Printer, silahkan cari Reserve Order, lalu beri tanda centang dan klik OK. maka secara otomatis printer kalian akan mencetak dari halaman belakang setiap kalian mencetak dokumen.

Sekian dari kami..Semoga bermanfaat….


  
  Baca Juga :    -. Macam-macam Menu yang terdapat Di Tombol Office Button
                     -. Cara mengubah File dari Excel ke Word.
                     -. Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam-macam Email. 
                     -. Perbedaan Google Sheets dan Excel      



Jumat, 15 Januari 2021

Macam-macam Menu yang terdapat Di Tombol Office Button

 

Macam-macam Menu yang terdapat

Di Tombol Office Button

 

 Ada 9 menu yang terdapat di office button ms word yaitu new, open, save, save as, print, prepare, send, publish dan close. Dan tentunya dari masing-masing menu sebut mempunyai fungsi yang berbeda beda. Apa saja fungsi dari menu-menu tersebut berikut penjelasanya:

 

 

 


 



Keterangan 9 Menu Office Button.

New (Ctrl+N)  : Digunakan untuk membuat lembar kerja baru. Jadi jika sahabat ingin membuat lembar                            kerja baru tanpa harus menutup lembar kerja yang sudah ada, Sahabat dapat                                              menggunakan menu New.

Open (Ctrl+O): Digunakan untuk membukan lembar kerja yang sudah ada. Contohnya jika sahabat                               sudah mempunyai file microsoft, dan ingin mengedit file tersebut, sahabat dapat                                       membuka file tersebut melalui tombol office button  dan klik Open.

Save(Ctrl+S): Digunakan untuk menyimpan file sementara. Contoh Jika sahabat mengedit salah satu                             dokumen dan takut tulisan hasil editan tadi hilang, akan tetapi sahabat masih berniat                                mengedit dokument nya sahabat dapat menggunakan menu save tersebut.

Save AS (F12): Digunakan untuk menyimpan dokumen yang sudah dibuat. Berbeda dengan menu                                  "save". Menu Save AS menyimpan dokument dengan file baru, Jadi jika sahabat                                      mengedit dokument dan ingin menyimpan dokument tanpa harus merubah dokumen                               aslinya sahabat dapat menggunakan layanan SAVE AS.

Print (Ctrl+P)  : Digunakan untuk mencetak dokument yang sudah ada.

Prepare            : Digunakan untuk mengedit pengaturan contohkan menambahkan author, title dan juga                           dapat menambahkan password dokument,

Send                : Digunakan atau berfungsi untuk mengirim dokument yang sudah sahabat buat, Ada 2                              layanan yang bisa sahabat gunakan yaitu E-mail dan Internet Fax.

Publish            : Digunakan untuk mempublikasikan dokument ke Blog, Dokument management server                          dan Create dokument Workspace yang sudah sahabat buat, Contohnya jika sahabat                                  adalah seorang penulis di salah satu blog, Sahabat dapat memanfaat menu publish                                   untuk menulis dan mempublikasikanya di blog.

Close               : Digunakan untuk menutup halaman kerja microsoft office word.


Baca Juga : -  Perbedaan Google Sheets dan Excel

                     - Cara mengubah File dari Excel ke Word.

                    - Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam-macam Email. 

Baik temen-temen semua yang teruraikan diatas semoga manfaat bagi temen-temen semua.


Kamis, 14 Januari 2021

Perbedaan Google Sheets dan Excel

 

Antara Google Sheets dan Excel

Hampir sebagian besar orang pastinya sudah pernah menggunakan Excel.. tapi untuk Google Sheets, mungkin saja masih ada banyak orang yang belum pernah menggunakannya

Kedua aplikasi spreadsheet ini sering kali digunakan oleh pekerja kantoran untuk membuat dokumen tertentu. Terkadang orang memilih memakai spreadsheet dikarenakan fitur-fitur yang memudahkan penggunanya, seperti membuat formula, memasukkan data, dan sebagainya.

Meskipun keduanya mempunyai fungsi yang sama, ada perbedaan yang terlihat antara Google Sheets dan Microsoft Excel.

 Perbedaannya terletak pada :

 

1. Menyimpan File

Perbedaan yang cukup jelas dari Google Sheets dan Microsoft Excel terletak dari bagaimana cara menyimpan file atau dokumen.

Google Sheets akan menyimpan file secara otomatis setiap kamu melakukan perubahan di dalamnya.

Nantinya, file Google Sheet akan tersimpan di Google Drive melalui sistem cloud computing.

Hal tersebut berbeda dengan Microsoft Excel yang harus menekan tombol “Save” terlebih dahulu supaya perubahannya tersimpan.

Jika kamu tidak sengaja menekan tombol ‘Close‘, akan ada peringatan untuk menyimpan file tersebut.

Selain itu, usahakan untuk terus menekan tombol ‘Save‘ saat sudah melakukan perubahan di Excel.

 

2. Kolaborasi

Kolaborasi yang dimaksud adalah berbagi file. Sejauh ini, Google Sheets terbilang menjadi salah satu software yang baik dalam melakukan kolaborasi.

Google Sheets memungkinkan penggunanya untuk membagikan dokumen kepada orang-orang dengan mudah.

Lewat Google Sheets, kamu hanya perlu mengetikkan nama email yang ingin kamu kirim dokumen. Kemudian, kamu bisa menentukan si penerima dapat mengedit secara langsung atau hanya bisa melihatnya saja.

Dengan fitur seperti ini, tidak heran apabila pekerja kantoran rata-rata menggunakan Google Sheets untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Hal tersebut terutama pekerjaan yang diharuskan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja atau tim lain.

Untuk Excel sebenarnya dapat membagikan file, namun hanya bisa melalui email, wa. Selain itu, kamu harus menggunakan Office 365 jika ingin melakukan akses pengeditan dari dokumen lain.

 

3. Akses Offline

Perbedaan lain antara Google Sheets dan Microsoft Excel adalah soal penggunaan tanpa jaringan internet.

Dalam hal ini, jelas Excel adalah aplikasi yang lebih mudah untuk digunakan secara offline.

Sebenarnya, Google Sheets juga dapat digunakan secara offline melalui pengaturan yang tersedia. Akan tetapi, kamu perlu meng-install ekstensi terlebih dahulu agar dapat bekerja offline dengan fitur lebih luas.

Hal tersebut berbeda dengan Excel, di mana kamu bisa menggunakannya secara offline tanpa perlu pengaturan khusus.

 

4. Function dan Formula

Google Sheets dan Microsoft Excel sama-sama memiliki function dan formula di dalamnya. Function adalah operasi internal yang berada di dalam software untuk menghitung cepat, dan lain-lain. Lalu, apa perbedaannya?

Perbedaannya terletak dari jumlah function-nya. Google memang terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan dari Excel.

Namun, tetap saja saat ini Excel masih memiliki function yang lebih banyak dibandingkan dengan Google Sheets.

Excel memiliki kurang lebih 477 formula. Sementara itu, Sheets memiliki 432. Hal ini berarti Excel memiliki jumlah formula yang lebih banyak dibandingkan dengan Google Sheets.

Apabila kamu sedang menggunakan Google Sheets tetapi ada satu atau dua function dan formula yang tidak tersedia, kemungkinan besar di Microsoft Excel sudah tersedia.

Dengan demikian, dalam hal ini Excel cocok digunakan untuk membuat visualisasi data karena menyimpan lebih banyak formula.

 

5. Harga

Kamu bisa menggunakan Google Sheets dengan gratis. Namun, kamu juga bisa menggunakan fitur berbayar dari software ini.

Namun, untuk Microsoft Excel kamu harus membayar untuk menggunakannya.

 

Nah.. sekarang tinggal kalian aja yang menentukan lebih nyaman nya pakai Excel atau Google Sheets.

Thanks a lot sudah membaca dan semoga bermanfaat :)

Selasa, 12 Januari 2021

Cara mengubah File dari Excel ke Word.

 

Cara mengubah File dari Excel ke Word. 

Baik teman-teman kali ini kami akan membagikan tutorial cara merubah Excel ke Word. Karena kami sudah mencoba caranya dan hasilnya pun sangat memuaskan. Gampang kok caranya teman-teman tidak menguras waktu yang begitu lama. Baik langsung saja ya..

  • Blok bagian yang ingin Anda pindah ke Word. Maksudnya itu blok yang diexcel . contohnya seperti yang dibawah ini…

 


  • Anda bisa tekan CTRL A kemudian CTRL C kalau ingin menyalin semua bagian di file tersebut.
  • Buka aplikasi Word.
  • Pilih opsi Paste.

 


 

 

  • Nanti di pojok paling bawah akan muncul gambar seperti dibawah ini…



 

·     Lalu pilih “Keep Source Formatting” agar tidak mengubah format tabel dari Excel.

  • Atau Anda bisa menggunakan “Match Destination Table Style” untuk memakai tabel Word.
  • Atau “Keep Text Only” untuk menyalin kontennya saja tanpa tabel dan format.
  • Data Anda sudah tersalin di Word. Anda tinggal menyimpannya.

 Baca Juga : Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam-macam Email.  

                    - Cara Menghilangkan Garis Text Boundaries Di Word

 

Oke…. Sekian dari kami…. Selamat mencoba……

 

Rabu, 06 Januari 2021

Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam-macam Email.

 

Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam-macam Email.

 




Di zaman dulu, dimana internet yang tidak seramai sekarang, yang bisa di pakai bahkan bisa dimiliki masing-masing orang. Bahkan dulu untuk komunikasi saja sangat sulit, salah satu contoh komunikasi yang sangat sulit pada zamannya yaitu surat-menyurat. Itu pun surat-menyurat tidak langsung di kasih atau diterima tapi harus melalui Jasa pos dulu hingga jangka waktu yang sangat lama, karena pengirimannya secara manual melalui transportasi dan waktunya ditentukan oleh jarak dan tujuan surat tersebut.

Nah… Kita yang generasi sekarang tidak akan mengalaminya karena sekarang kita sudah berada di zaman modern. Pada zaman modern yang seperti sekarang ini, banyak sekali teknologi-teknologi yang bisa kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Salah satu teknologi yang bisa kita manfaatkan adalah Internet, bahkan bisa dikatakan bahwa internet adalah salah satu kebutuhan hampir setiap orang.

 

Baik kita akan membahas satu persatu tentang Email yaitu Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam- macam Email. Yuk simak dibawah ini….


1. Pengertian Email

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau bisa dikatakan Surat Elektronik yang disingkat Surel. Email merupakan surat dengan format digital yang digunakan untuk mengirim pesan melalui internet. Bisa juga kita gunakan dengan berbagai media seperti komputer, ponsel pintar atau smartphone. Bagi pengguna internet email adalah hal wajib yang harus dimilikinya karena semua aktifitas komunikasi diinternet pasti memakainya.

2. Jenis-jenis Email

Email mempunyai beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda.

-. POP Mail (Post Office Protocol Mail)
POP mail merupakan sebuah sistem email yang bisa kita terima dari Internet Service Provider (ISP) yang kita gunakan.

 -. WEB Mail (Web Based Mail)
Web Mail merupakan email yang berbasis halaman web. Kita bisa mengakses email ini menggunakan browser pada komputer dimana saja, kita bisa mengirim ataupun menerima pesan dengan jaringan internet.

-. Email Forwarding
Email Forwarding merupakan sebuah layanan email untuk mengirim ulang pesan yang masuk ke email tujuan yang kita kehendaki. Maksudnya jika ada email yang masuk dan kita ingin mengirimkan email tersebut kepada orang lain.

 

3. Fungsi Email

Kita sudah membahas apa itu email dan jenis-jenisnya diatas, sekarang mari kita bahas fungsi dari email tersebut. Berikut beberapa fungsi umum email:

-. Media Komunikasi
Kita bisa menggunakan Email sbagai alat komunikasi kita secara personal maupun secara umum.

-. Media Pengiriman
Email bisa dipakai untuk mengirim ataupun menerima suatu berkas atau file dengan berbagai ukuran dan media apapun. Media yang bisa kita kirim mendukung segala format.

-. Media Sosial
Hal penting untuk keperluan media sosial, karena memang untuk mendaftarkan akun media sosial kita membutuhkan email untuk alat berkomunikasi. Tidak hanya aku media sosial saja seperti Facebook, Instagram, Twitter yang membutuhkan email, akun online shop atau toko online pun membutuhkannya ketika ingin melakukan pendaftaran.

-. Media Informasi
Email bisa menjadi pusat informasi anda jika anda mendaftarkan untuk mendapatkan informasi dari media yang kita tentukan.

-. Media Promosi
Jika diatas anda bisa mendaftarkan akun online shop menggunakan email, ternyata email juga bisa menjadi sarana promosi anda memalui toko online yang anda buat.

-. Mengaktifkan Smartphone

    Apabila ingin mengaktifkan Smartphone tentu kita memerlukan email untuk melakukan registrasi. Sudah menjadi ketentuan untuk menggunakan smartphone maka kita harus menggunakan email.

-. Membuat Website atau Blog Pribadi
Untuk membuat sebuah website ataupun blog kita memang wajib mempunyai email untuk melakukan registrasi.

 

4. Macam-macam Email

Ada beberapa penyedia layanan email yang bisa digunakan secara gratis yang sudah banyak digunakan pada masyarakat umum didunia.

-. Gmail.

Google memang tidak main-main dalam bidangnya, hampir disemua sektor ia ambil andil untuk produknya. Di sektor ini Google mempunyai layanan yaitu Gmail. Gmail merupakan penyedia layanan email gratis yang sudah sangat mendunia, jika kita ingin menggunakan smartphone berbasis Android layanan email yang kita pakai haruslah Gmail. Perlu diketahui Gmail memberikan batasan penyimpanan email hanya 15GB saja.

 

-. Yahoo



Sebenarnya sebelum Google muncul, Yahoo sudah terlebih dulu dipakai orang banyak, dialah yang menjadi perintis layanan email yang ada saat ini. Selain layanan email Yahoo juga memiliki layanan untuk chatting yaitu Yahoo Messenger. Jika Gmail memiliki batasan penyimpanan hanya 15 GB, tidak dengan Yahoo yang kabarnya bisa memberikan penyimpanan hingga 1000GB atau 1 TB.


-. Hotmail



Hotmail merupakan jasa layanan email gratis berbasis web, kelebihan yang dimiliki Hotmail sama seperti Yahoo yakni penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan Gmail sebesar 23GB. Namun user kebanyakan memakai Gmail karena bisa terintegrasi di semua produk Google yang bisa membantu mobilitasnya sehari-hari.


-. Aol Mail



AOL Mail juga merupakan salah satu penyedia layanan email gratis berbasis web yang memiliki ruang penyimpanan unlimited alias tidak terbatas. Tidak hanya itu, ia juga memiliki perlindungan spam yang luar biasa dengan UI (User Interface) sederhana yang dapat memudahkan user untuk memakainya.


-. GMX Mail

 


 

GMX Mail juga salah satu penyedia layanan email gratis dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB yang memakai fitur POP.

 

-. Mail.com

Mail.com mempunyai fungsi sama seperti yang lain dengan kapasitas file penyimpanan hanya 2GB saja.

 

-. Telkom Mail



Indonesia mempunyai penyedia layanan email gratis juga yang disebut Telkom Mail, dengan kapasitas penyimpanan yang kecil hanya 10MB namun mempunyai kecepatan yang baik karena servernya berada di Indonesia.


-. Zoho Mail



Yang satu ini sepertinya diperuntukkan ke orang-orang yang lebih profesional. Disini kita bisa menemukan kalender, task manager, note (catatan) dan beberapa aplikasi bisnis yang yang biasanya kita temukan di Google untuk berbisnis.

 

 

Oke… teman-teman sudah selesai. Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi teman-teman….

 

temen-temen mungkin mau berminat juga untuk baca artikel kami yang lainnya

      -. Cara Menghilangkan Garis Text Boundaries Di Word

     -. Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

     -. Cara Membuat, Membalas dan Menghapus Comment di Word