FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Jumat, 05 April 2019

Kisi - Kisi Membuat Blog Untuk Pemula by ERDI PRINT

Kisi - kisi membuat blog untuk pemula


Apa itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pengalaman, pemikiran, atau opini dari satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten baru ke konten terlama)
Melalui blog Anda bisa berbagi pengalaman melalui tulisan. Baik itu pengalaman perjalanan, pengalaman mengikuti suatu kegiatan atau event, maupun pengalaman menggunakan satu produk.
Anda juga bisa menuliskan opini atau pemikiran Anda mengenai fenomena tertentu di blog Anda. Misalnya, tahun 2019 adalah tahun politik, Anda bisa menuliskan opini mengenai masing-masing kandidat.
Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari blog. Dari mengasah kemampuan menulis, menambah keterampilan mengelola platform blog, membangun koneksi dengan blogger lain, memperkenalkan brand Anda, hingga menghasilkan uang melalui blog.
Dengan bantuan platform pembuatan blog seperti WordPress dan Blogger, Anda bisa membuat blog hanya dalam hitungan menit! Ingin tahu cara membuat blog dengan mudah menggunakan WordPress dan Blogspot? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Cara Membuat Blog yang Benar

Membuat blog dibagi menjadi 5 langkah, yaitu:
  • Menentukan topik Blog;
  • Memilih platform Blog;
  • Mimilih hosting dan domain;
  • Install Blog;
  • Memilih tema Blog dan memasang plugin;
  • Menulis Konten dan optimasi Blog.
Agar lebih mengerti apa saja yang harus dilakukan untuk membuat blog, berikut ini pembahasan beberapa cara membuat blog.

1. Memilih Topik/Niche Blog

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan topik utama blog Anda. Memilih niche atau topik blog penting karena dua alasan. Alasan pertama adalah agar Anda bisa menikmati proses mengembangkan blog sesuai dengan minat dan hobi.
Alasan kedua adalah agar Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog. Dengan memilih niche atau topik blog yang banyak dicari orang, kemungkinan untuk menghasilkan uang lebih besar. Anda harus bisa menemukan niche atau topik blog yang bisa memenuhi dua syarat tersebut, yaitu sesuai dengan minat dan bisa menghasilkan uang. Anda bisa mengabaikan syarat kedua jika memang tidak berniat mencari uang melalui blog.
Terdapat berbagai niche atau topik blog, dari traveling, parenting, marketing, otomotif, teknologi, sastra, kuliner, sampai arsitektur. Pilihlah topik atau niche yang paling Anda minati. Syukur-syukur niche yang Anda minati juga berpotensi untuk menghasilkan uang.

2. Memilih Platform Blog

Setelah menetapkan niche atau topik blog mana yang ingin Anda geluti, kini saatnya untuk memilih platform blog yang akan Anda gunakan. Platform blog ini akan Anda gunakan untuk mengelola blog, dari publish artikel sampai optimasi blog.
Dari sekian banyak platform blogging, terdapat tiga platform blog yang populer di Indonesia. Tiga platform ini terkenal bukan hanya karena kemudahan pengoperasiannya, tetapi juga karena gratis.

Perbandingan WordPress.org, WordPress.com, dan Blogger

Tiga platform blog tersebut adalah Blogger, WordPress.com, dan WordPress.org. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan. Perbandingan antara ketiga platform dapat Anda lihat di infografik di bawah ini.
infografik cara membuat blog
Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa WordPress.org memungkinkan Anda untuk mengelola blog dengan lebih leluasa dibanding dua platform lainnya. Anda memang perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan WordPress.org. Biaya tersebut untuk menyewa hosting dan membeli domain, bukan untuk software WordPress.
Meskipun harus merogoh kocek, Anda bisa menentukan kapasitas penyimpanan, bebas memilih ekstensi domain, tema lebih beragam, dan yang terpenting adalah bisa memasang iklan dengan bebas. Artinya, Anda bisa menghasilkan uang melalui blog lebih mudah menggunakan WordPress.org.

3. Memilih Hosting dan Domain

Jika Anda memilih untuk menggunakan WordPress.com atau Blogger, Anda tidak perlu memilih hosting dan domain karena sudah termasuk dalam satu paket blog. Bagi Anda yang ingin menggunakan WordPress.org, Anda perlu menentukan penyedia hosting dan domain untuk blog Anda.
Apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penyedia hosting dan domain?  Ada enam faktor penting yang harus diperhatikan ketika memilih web hosting:

Kualitas Performa Server

Kualitas performa server menentukan performa website Anda. Performa server berkualitas tinggi juga akan mendukung performa website Anda dengan baik. Server tidak sering down sehingga website selalu bisa diakses. 
Lokasi server juga perlu diperhatikan karena lokasi server paling ideal adalah server yang berada di lokasi target pembaca Anda. Misalnya, target pembaca Anda adalah orang Indonesia, maka pilihlah penyedia web hosting yang lokasi servernya di Indonesia.

Customer Support 24 Jam

Apa yang Anda lakukan ketika mengalami masalah teknis di web hosting Anda? Tentu menghubungi Customer Support. Pastikan penyedia web hosting yang akan Anda gunakan menyediakan layanan customer support 24 jam, bisa dihubungi lewat berbagai cara komunikasi, dan tentu menyelesaikan masalah teknis Anda.

Harga Terjangkau

Dalam membeli sebuah barang tentu Anda harus mempertimbangkan harga. Anda harus membandingkan setiap paket hosting, mana yang paling cocok untuk Anda. Sesuaikan anggaran, kebutuhan, dan paket hosting yang ditawarkan.
Apabila kebutuhan Anda baru sebatas coba-coba, Anda bisa memilih paket hosting termurah seperti Paket Bayi di Niagahoster, tetapi fiturnya terbatas. Ketika kebutuhan kapasitas penyimpanan Anda mulai meningkat, Anda bisa meng-upgradenya ke paket di atasnya Paket Pelajar, Personal, atau Bisnis.

Garansi Uang Kembali

Mungkin ini adalah pertama kali membuat blog dengan hosting dan domain sendiri. Pilihlah penyedia web hosting yang menyediakan garansi uang kembali. Anda bisa mendapatkan kembali biaya sewa hosting Anda jika merasa tidak puas dengan pelayanannya.

Fitur yang Ditawarkan

Ada harga, ada rupa. Anda juga perlu mempertimbangkan, apakah fitur yang didapatkan setimpal dengan harga yang dibayarkan. Beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan adalah domain gratis, bandwidth unlimited, SSL gratis, cPanel lengkap, dan spam protection.

Review Pelanggan

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah cek review dari pengguna penyedia web hosting. Lihat review pelanggan di blog, forum, media sosial, dan situs review web hosting terpercaya. Jadikan review pengguna lain sebagai salah satu bahan pertimbangan Anda dalam memilih web hosting.

4. Install Blog

Di poin ini saya akan membahas cara instalasi blog di tiga platform, yaitu WordPress.org, WordPress.com, dan Blogger. 
nah itulah beberapa kisi - kisi untuk membuat blog, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar