FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Jumat, 12 Juli 2019

Penjelasan Tentang Offset Printing

erdiprint.blogspot.com- Pengertian offset printing sebaiknya perlu Anda ketahui terutama bagi Anda yang membutuhkan jasa printing yang saat ini semakin memberikan banyak manfaat. Pesatnya perkembangan dunia percetakan berjalan seiring dengan semakin tingginya permintaan, sehingga menjadikan industri percetakan semakin banyak dilirik. Tak heran jika kini semakin banyak bermunculan jasa percetakan disebagian wilayah di Indonesia.

Pengertian Offset Printing yang Perlu Anda Ketahui

Selain Digital Printing, Offset Printing juga banyak diminati karena mampu memberikan hasil cetak yang memuaskan dan sesuai keinginan. Membahas tentang pengertian Offset Printing perlu Anda ketahui bahwa Offset Printing merupakan teknik percatakan yang menggunakan gambar yang terlebih dahulu ditransfer atau di Offset ke plat berupa lembaran karet.
Ketika proses Printing dilakukan akan mengombinasikan proses litografi dimana proses ini didasarkan pada sifat minyak dan air yang tidak bisa tercampur. Teknik Offset Printing nantinya akan menggunakan pemuat citra rata dan dicetak dengan mengambil tinta yang berasal dari penggulung tinta. Sementara itu untuk bagian yang tidak tercetak akan menarik air sehingga akan bebas dari tinta.
Pada saat proses Offset Printing yang melibatkan tinta basah nantinya harus melalui proses pengeringan sehingga membutuhkan waktu agar media cetak benar-benar kering. Selain itu memahami pengertian Offset Printing biasanya cara cetak ini digunakan untuk mencetak dalam jumlah besar. Bisa dikatakan bahwa Offset Printing menjadi teknik cetak yang paling ekonomis namun tetap berkualitas hasilnya.

Kelebihan dan Kelemahan Offset Printing

Setelah memahami tentang pengertian Offset Printing selanjutnya sebagai bahan pertimbangan perlu Anda ketahui pula kelebihan dan kelemahan Offset Printing. Berikut ini akan dijelaskan kelebihan Offset Printing yang perlu Anda ketahui.
  1. Bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar bahkan hingga ribuan lembar. Tentu saja semakin banyak jumlah yang harus dicetak nantinya harga per lembarnya juga semakin murah. Pastinya akan sangat menguntungkan Anda yang membutuhkan media promosi yang hemat dalam jumlah banyak.
  2. Offset printing bisa digunakan mencetak pada media kertas yang bertekstur kasar bahkan bisa juga untuk kertas yang bergramatur tebal sampai 330gsm. Selain itu ukuran kertas yang digunakan juga lebih besar bahkan antara ukuran A1 dan A0.
  3. Anda bisa memesan warna khusus misalnya perak, emas atau warna stabilo.
Selain memiliki kelebihan, ternyata Offset Printing juga memiliki kelemahan. Dimana kelemahan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda ketika akan menggunakan Offset Printing. Kelemahan tersebut antara lain membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses percetakan sejak awal hingga akhir. Terlebih menggunakan tinta basah sehingga membutuhkan waktu tambahan untuk proses pengeringan. Dianggap kurang ramah lingkungan karena terdapat banyak sampah ketika proses penyetelan.
Melalui penjelasan di atas kini Anda bisa memperoleh informasi dan wawasan mengenai pengertian Offset Printing. Tak hanya memahami apa itu Offset Printing saja Anda bisa memperoleh wawasan mengenai kelebihan dan kelemahan teknik cetak yang satu ini sehingga bisa menjadi pertimbangan ketika Anda akan mencetak materi pada media
Demikian dari artikel ini semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar