FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Sabtu, 10 Agustus 2019

Jenis Wireless Network


Wireless
Di jaman serba canggih ini masyarakat dihadapkan dengan persoalan kemajuan teknologi yang super cepat. Penemuan-penemuan di bidang teknologi seakan kejar-kejaran ingin menjadi yang tercanggih. Selalu saja muncul inovasi baru yang membuat masyarakat merasa lelah. Di Indonesia sendiri teknologi juga berjalan dengan cepat. Salah satunya adalah perkembangan teknologi wireless yang saat ini memang cukup signifikan.
Pengertian wireless secara umum
Wireless sendiri adalah penghubung antara dua perangkat yang tidak menggunakan media kabel (nirkabel). Terkadang kita perlu memindahkan data dari satu perangkan menuju perangkat yang lain. Kalau dulu perpindahan ini membutuhkan perantara sebuah kabel. Banyak kelemahan yang ditemukan saat menggunakan kabel. Selain tidak efektif dan banyak penghambat dan merepotkan manusia karena bisa mencelakaan, dewasa ini sudah diciptakan teknologi wireless. Sehingga penggunaan kabel sudah bisa diminimalisir.
Kemudian perkembangan wireless itu sendiri di Indonesia juga berjalan cukup cepat. Apalagi digunakan untuk menunjang kebutuhan kita dalam berkomunikasi dan mengirim data penting. Lalu teknologi wireless apa saja yang sudah pernah dipakai di Indonesia?
·         Infrared (IR)
·         Wireless Wide Area network ( Bluetooth)
·         Radio Frequency ( RF )
·         Wireless Personal Area Network / Telepon Seluler (GSM/CDMA)
·         Wireless LAN (802.11)
Kemudian muncul Teknologi Wi-Fi yang merupakan teknologi wireless canggih yang bisa menjadi sarana berpindah data dengan menggunakan koneksi internet berkeccepatan tinggi. Istilah Wi-Fi sendiri merupakan sinonim dari WLAN.
Kini masyarakat penggemar sosmed sudah tidak asing lagi dengan istilah Wi-Fi dan sudah banyak menggunakannya untuk mengakses internat baik menggunakan PC maupu telepon seluler pintar untuk mencari informasi, sarana berkomunikasi, maupun hiburan seperti main game online.
Selain itu penggunaan microphone juga sudah tersentuh teknologi wireless. Kini anda tidak usah lagi khawatir menginjak kabel dan tersandung saat sedang menggunakan microphone. Karena di Indonesia sudah popular penggunaan microphone wireless.
Tak sampai di situ saja, di pasaran barang elektronik canggih di Indonesia sudah tersedia yang namanya speaker wireless. Kebutuhan speaker di Indonesia yang terus meningkat membuat sarana ini mau tidak mau selalu diupdate dan tersentuh wireless. Kini kegiatan mulai dari pembelajaran, sport, dan lifestyle harus ditunjang dengan penggunaan speaker. Bayangkan saja jika masih harung menggunnakan kabel maka sekitar anda akan penuh dengan kabel-kabel yang tentu akan membahayakan keselamatan anda karena rentan tersetrum atau mengganggu anda bergerak.
1.      WPAN (Wireless Personal Area Network)
WPAN Merupakan network yang dibentuk oleh berbagai perangkat dengan cakupan sekitar 10 meter. WPAN menggunakan Gelombang radio 2,4 GHz dan biasanya menggunakan perangkat berbasis Bluetooth. Sebuah WPAN dapat terdiri atas perangkat personal seperti Handphon, PDA, BlackBerry,Notebook,printer dan perangkat lainnya. Standart WPAN telah di tentukan Oleh IEEE dengan kode 802.15.



2.      WLAN (Wireless Local Area Network)
Sejarah WLAN dimulai pada tahun 1997. Lembaga IEEE membuat spesifikasi WLAN pertama yang diberi kode 802.11. peralatan yang sesuai standart 802.11 bekerja pada frekuensi 2.4 GHz dengan kecepatan transfer data maksimal 2Mbps. pada juli 1999 IEEE kembali mengeluarkan spesifikasi baru yang diberi kode 802.11b yang memiliki kecepatan transfer maksimum 11 Mbps, kecepatan ini sebanding dengan Card Ethernet tradisional.
IEEE kemudian mengeluarkan spesifikasi 802.11a yang bekerja pada frekuensi 5GHz dengan kecepatan maksimum 54Mbps. Gelombang radio yang berasal dari peralatan 802.11a sukar menembus dinding atau penghalang lain.
Perangkat NIC yang di gunakan untuk WLAN adalah wifi (Wireless Fidelity) card.agar berbagai komputer dapat terhubung dengan WLAN maka harus digunakan perangkat sentral bernama Access Point (AP) untuk mengatur pemakaian media pada WLAN.
WLAN lebih banyak / sering ditujukan untuk keperluan di dalam ruangan (indoor). Namun saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan perangkat wifi untuk keperluan luar ruangan (outdoor). misalnya untuk berhubungan dengan jarak lebih dari 2 km dan di perlukan antena eksternal yang harus dipasang pada ketinggian tertentu.


3.      WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)
IEEE mendefinisikan tekologi WLAN yang disebut WIMAX. ada dua standar WIMAX yaitu FIXED WIMAX dan MOBILE WIMAX. frekuensi yang dgunakan fixed wimax adalah 2GHz dan 11 GHz, sedangkan mobile wimax menggunakan frekuensi 2,66GHz. Teknologi wimax bertujuan untuk menjangkau area seukuran sebuah kota, jadi wimax melngkapi wifi dan blutooth.



4.      WWAN (Wireless Wide Area Network)
Wireless WAN relatif lebih baru dan berbeda dibandingkan dengan WLAN. WWAN menggunakan teknologi network seluler seperti WIMAX,UMTS,GPRS,EDGE,CDMA2000,GSM,CDPD,NOBITEX,HSDPA, atau 3G untuk komunikasi data. teknologi seluler memungkinkan akses di manaoun secara luas dan fleksibel.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar