FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Minggu, 12 April 2020

Cara Membuat Post Baru di WordPress


Cara Membuat Post Baru di WordPress



Membuat website sangatlah mudah. Apalagi jika kalian menggunakan platform yang tepat. Nah, di artikel ini gw cuma akan bahas tentang apa itu WordPress serta cara posting something di wordpress. Karna untuk cara dan langkah – langkah gimana itu cara bikin WordPress dah sempet gw post di artikel sebelumnya.
WordPress adalah CMS atau platform pembuatan website paling populer di dunia, dikarenakan kemudahan penggunaan dan fitur-fiturnya yang lengkap.
Seperti yang kita tahu pengguna WordPress tidak terbatas pada blogger pribadi saja. Banyak perusahaan besar yang mempercayakan WordPress sebagai platform pembuatan websitenya. SONY Music, Bata, Mercedes Benz, The New York Times Company, dan The Walt Disney adalah beberapa contoh perusahaan ternama yang menggunakan WordPress.
Nah sebelum itu, mungkin kalian udah tau kali ya perbedaan WordPress.com dan WordPress.org dimana keduanya terletak pada host aktualnya.
Jika menggunakan WordPress.com, kalian tidak perlu pusing-pusing mengeluarkan uang untuk hosting dan domain untuk website karena sudah disediakan langsung dari WordPress secara gratis. Namun, fasilitas di WordPress.com terbatas. Domain kalian harus kustom dari WordPress, yaitu di belakangnya terdapat wordpress.com (www.namakalian.wordpress.com).
Berbeda dari versi gratisnya, WordPress.org memberikan keleluasaan dan berbagai fasilitas lain. kalian bisa memiliki website dengan domain sendiri seperti www.namakalian.com, bisa menentukan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan, dapat memasang plugin, memasang iklan AdSense, dan menginstall tema apa saja.

Untuk membuat post baru di WordPress :
v Buka Add New di bawah Posts atau pilih New -> Post di toolbar bagian atas.
v Setelah itu akan muncul editor blog post yang disertai berbagai fitur.
v Ketik judul post terlebih dulu. Kemudian, ketik konten post pada area yang telah disediakan. Jika ingin memformat teks, gunakan opsi toolbar. Toolbar tersebut hampir sama dengan toolbar yang kalian gunakan di MS Word atau text editor populer lainnya.
v Di sisi kanan halaman, kalian akan melihat semacam meta box. Tiap box memiliki fungsi khusus.
v Publish. Di sini kalian dapat mengubah status dan visibilitas post. Buatlah jadwalnya. Dengan mengklik tombol Publish, post kalian dapat dibaca oleh pengunjung. Jika ingin menghapus post, klik tombol Move to Trash.
v Categories. Pada box ini, kalian dapat menentukan kategori post yang lebih spesifik. Bahkan kalian bisa membuat kategori baru dengan mengklik tombol +Add New Category.
v Tags mempermudah kalian untuk menambahkan tag baru dengan cepat.
v Featured Image, kalian dapat menentukan featured image untuk post di sini. Featured image adalah gambar yang muncul di atas artikel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar