FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Senin, 15 Juni 2020

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel
Gambaran umum tabel Excel - Dukungan Office

Anda  masih membuat tabel dengan Border style?? membuat tabel dengan border tidaklah salah, cara ini umum digunakan oleh banyak penggguna excel awam. berikut  cara membuat tabel di microsoft excel dengan mudah. Membuat tabel umumnya dibuat setelah data sudah ada (sudah di ketik terlebih dahulu) pada worksheet, excel memfasilitasi pembuatan tabel dengan data yang sudah ada maupun masih kosong. untuk pembuatan tabel dengan data yang sudah ada ikuti langkah berikut :

cara membuat tabel di microsoft excel

Baca Juga : Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel|
 Edit Gambar Menggunakan Paint

  1. Seleksi / blok data range yang akan dibuat tabel.
  2. Masuk ke Tab Insert, pilih table
  3. Pada window create table otomatis akan di referensikan alamat cell yang terseleksi. check list My table has header jika data sudah mempunyai header (judul kolom).
  4. Klik OK.

Hasilnya tampilan adalah seperti dibawah ini. tabel sudah diformat secara otomatis oleh excel dengan dropdown filter pada masing masing judul.

table1

Edit Tabel di microsft excel

Setelah anda selesai membuat tabel, pada menu tab akan muncul tab baru namanya adalah Tab Design, Tab ini berfungsi untuk mengatur fungsi tabel.

Baca Juga : Pengertian Cell,Range,Row dan Column pada Microsoft Excel
Fungsi Menu Ribbon Microsoft Excel

tablestyle

Design table

Untuk edit table style, ikuti prosedur berikut ini.

  1. Letakan pointer pada area data tabel.
  2. Masuk ke tab Design (table Tools), pada table styles sorot salah satu model table yang akan dipakai. excel akan menampilkan live preview pada tabel.
  3. Untuk memilih klik salah satu table style.

Setelah selesai membuat tabel ada opsi tambahan untuk mengatur tabel yaitu Table Style Option. grup ini berfungsi untuk tambahan data pada tabel dengan cara cheklist :styleoption

  • Header Row = Menampilkan dan menghilangkan Baris judul
  • Total Row = Menambahkan baris TOTAL pada akhir baris. jika terdapat data maka akan dikalkulasikan secara otomatis.
  • Banded Row = Memberikan format berbeda antar baris untuk memudahkan membaca data.
  • First Column = Memberikan format tampilan seperti header untuk menandai kolom awal.
  • Last column = Memberikan format tampilan seperti header untuk menandai kolom akhir.
  • Banded Columns = Memberikan format berbeda antar kolom untuk memudahkan membaca data.
  • Filter button = untuk menampilkan dan  menyembunyikan dropdown filter.

Untuk menambahkan baris pada tabel cukup letakan kursor pada cell paling akhir dan gunakan tombol tab pada keyboard untuk menambahkan datanya. format tabel pada baris baru akan otomatis akan diformat sesuai format tabel yang sudah ada. ada banyak cara membuat tabel di microsft excel, salah satunya dengan cara diatas.

Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda dan jangan lupa kunjungi blog kami untuk artikel bermanfaat lainnya erdiprint.blogspot.com . terimakasih….

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar