FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Rabu, 06 Januari 2021

Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam-macam Email.

 

Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam-macam Email.

 




Di zaman dulu, dimana internet yang tidak seramai sekarang, yang bisa di pakai bahkan bisa dimiliki masing-masing orang. Bahkan dulu untuk komunikasi saja sangat sulit, salah satu contoh komunikasi yang sangat sulit pada zamannya yaitu surat-menyurat. Itu pun surat-menyurat tidak langsung di kasih atau diterima tapi harus melalui Jasa pos dulu hingga jangka waktu yang sangat lama, karena pengirimannya secara manual melalui transportasi dan waktunya ditentukan oleh jarak dan tujuan surat tersebut.

Nah… Kita yang generasi sekarang tidak akan mengalaminya karena sekarang kita sudah berada di zaman modern. Pada zaman modern yang seperti sekarang ini, banyak sekali teknologi-teknologi yang bisa kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Salah satu teknologi yang bisa kita manfaatkan adalah Internet, bahkan bisa dikatakan bahwa internet adalah salah satu kebutuhan hampir setiap orang.

 

Baik kita akan membahas satu persatu tentang Email yaitu Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macam- macam Email. Yuk simak dibawah ini….


1. Pengertian Email

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau bisa dikatakan Surat Elektronik yang disingkat Surel. Email merupakan surat dengan format digital yang digunakan untuk mengirim pesan melalui internet. Bisa juga kita gunakan dengan berbagai media seperti komputer, ponsel pintar atau smartphone. Bagi pengguna internet email adalah hal wajib yang harus dimilikinya karena semua aktifitas komunikasi diinternet pasti memakainya.

2. Jenis-jenis Email

Email mempunyai beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda.

-. POP Mail (Post Office Protocol Mail)
POP mail merupakan sebuah sistem email yang bisa kita terima dari Internet Service Provider (ISP) yang kita gunakan.

 -. WEB Mail (Web Based Mail)
Web Mail merupakan email yang berbasis halaman web. Kita bisa mengakses email ini menggunakan browser pada komputer dimana saja, kita bisa mengirim ataupun menerima pesan dengan jaringan internet.

-. Email Forwarding
Email Forwarding merupakan sebuah layanan email untuk mengirim ulang pesan yang masuk ke email tujuan yang kita kehendaki. Maksudnya jika ada email yang masuk dan kita ingin mengirimkan email tersebut kepada orang lain.

 

3. Fungsi Email

Kita sudah membahas apa itu email dan jenis-jenisnya diatas, sekarang mari kita bahas fungsi dari email tersebut. Berikut beberapa fungsi umum email:

-. Media Komunikasi
Kita bisa menggunakan Email sbagai alat komunikasi kita secara personal maupun secara umum.

-. Media Pengiriman
Email bisa dipakai untuk mengirim ataupun menerima suatu berkas atau file dengan berbagai ukuran dan media apapun. Media yang bisa kita kirim mendukung segala format.

-. Media Sosial
Hal penting untuk keperluan media sosial, karena memang untuk mendaftarkan akun media sosial kita membutuhkan email untuk alat berkomunikasi. Tidak hanya aku media sosial saja seperti Facebook, Instagram, Twitter yang membutuhkan email, akun online shop atau toko online pun membutuhkannya ketika ingin melakukan pendaftaran.

-. Media Informasi
Email bisa menjadi pusat informasi anda jika anda mendaftarkan untuk mendapatkan informasi dari media yang kita tentukan.

-. Media Promosi
Jika diatas anda bisa mendaftarkan akun online shop menggunakan email, ternyata email juga bisa menjadi sarana promosi anda memalui toko online yang anda buat.

-. Mengaktifkan Smartphone

    Apabila ingin mengaktifkan Smartphone tentu kita memerlukan email untuk melakukan registrasi. Sudah menjadi ketentuan untuk menggunakan smartphone maka kita harus menggunakan email.

-. Membuat Website atau Blog Pribadi
Untuk membuat sebuah website ataupun blog kita memang wajib mempunyai email untuk melakukan registrasi.

 

4. Macam-macam Email

Ada beberapa penyedia layanan email yang bisa digunakan secara gratis yang sudah banyak digunakan pada masyarakat umum didunia.

-. Gmail.

Google memang tidak main-main dalam bidangnya, hampir disemua sektor ia ambil andil untuk produknya. Di sektor ini Google mempunyai layanan yaitu Gmail. Gmail merupakan penyedia layanan email gratis yang sudah sangat mendunia, jika kita ingin menggunakan smartphone berbasis Android layanan email yang kita pakai haruslah Gmail. Perlu diketahui Gmail memberikan batasan penyimpanan email hanya 15GB saja.

 

-. Yahoo



Sebenarnya sebelum Google muncul, Yahoo sudah terlebih dulu dipakai orang banyak, dialah yang menjadi perintis layanan email yang ada saat ini. Selain layanan email Yahoo juga memiliki layanan untuk chatting yaitu Yahoo Messenger. Jika Gmail memiliki batasan penyimpanan hanya 15 GB, tidak dengan Yahoo yang kabarnya bisa memberikan penyimpanan hingga 1000GB atau 1 TB.


-. Hotmail



Hotmail merupakan jasa layanan email gratis berbasis web, kelebihan yang dimiliki Hotmail sama seperti Yahoo yakni penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan Gmail sebesar 23GB. Namun user kebanyakan memakai Gmail karena bisa terintegrasi di semua produk Google yang bisa membantu mobilitasnya sehari-hari.


-. Aol Mail



AOL Mail juga merupakan salah satu penyedia layanan email gratis berbasis web yang memiliki ruang penyimpanan unlimited alias tidak terbatas. Tidak hanya itu, ia juga memiliki perlindungan spam yang luar biasa dengan UI (User Interface) sederhana yang dapat memudahkan user untuk memakainya.


-. GMX Mail

 


 

GMX Mail juga salah satu penyedia layanan email gratis dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB yang memakai fitur POP.

 

-. Mail.com

Mail.com mempunyai fungsi sama seperti yang lain dengan kapasitas file penyimpanan hanya 2GB saja.

 

-. Telkom Mail



Indonesia mempunyai penyedia layanan email gratis juga yang disebut Telkom Mail, dengan kapasitas penyimpanan yang kecil hanya 10MB namun mempunyai kecepatan yang baik karena servernya berada di Indonesia.


-. Zoho Mail



Yang satu ini sepertinya diperuntukkan ke orang-orang yang lebih profesional. Disini kita bisa menemukan kalender, task manager, note (catatan) dan beberapa aplikasi bisnis yang yang biasanya kita temukan di Google untuk berbisnis.

 

 

Oke… teman-teman sudah selesai. Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi teman-teman….

 

temen-temen mungkin mau berminat juga untuk baca artikel kami yang lainnya

      -. Cara Menghilangkan Garis Text Boundaries Di Word

     -. Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

     -. Cara Membuat, Membalas dan Menghapus Comment di Word


 

 

 

 

Jumat, 01 Januari 2021

Cara Menghilangkan Garis Text Boundaries Di Word

 

Cara Menghilangkan Garis Text Boundaries Di Word

 

Sebagian orang atau mungkin anda juga termasuk didalamnya yang tidak suka dengan kehadiran garis putus-putus di sekitar text anda saat mengetik di Microsoft Word.

Jangan khwatir, Microsoft Word memberikan fitur text boundaries yang dapat anda bisa mengaturnya sendiri apakah ingin memunculkan atau lebih ingin menghilangkannya.

 

Caranya sangatlah mudah. Langsung saja anda simak caranya dibawah ini.

 

1. Menghilangkan Text Boundaries Secara Keseluruhan.

Cara pertama ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin menghilangkan seluruh text boundaries pada Microsoft Word Anda. Berikut ini langkah – langkahnya.

1. Pertama, silahkan Anda buka program Microsoft Word di PC atau laptop Anda.

2. Jika word Anda terdapat garis text boundaries, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

2. Nah, untuk menghilangkannya silahkan Anda klik File yang ada di pojok kiri atas Anda. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.



3. Lalu, silahkan Anda pilih pada menu bagian kiri Anda. Seperti pada gambar dibawah ini. Options

                               -. Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

4. Lalu, akan muncul jendela baru, silahkan Anda pilih Advanced pada menu bagian kiri. Seperti pada gambar dibawah ini.


5. Lalu, pada bagian kanan silahkan anda scrol kebawah sampai ke bagian show documen content, kemudian perhatikan kotak yang ada tulisan Show text boundaries. Seperti gambar dibawah ini, jika kotak tersebuat ada centang maka text boundaries akan muncul seperti gambar yang sebelumnya



6. Untuk menghilangkan text boundaries, maka anda harus mengklik kotak tersebut dan  centangnya di hilangkan. Seperti gambar yang ada di bawah ini.


7. Jika sudah Anda hilangkan centangnya, silahkan Anda klik Ok saja. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.


8. Dan garis text boundaries di Word Anda pun hilang dalam sekejap. Seperti contoh pada gambar dibawah ini.



9. Sudah selesai…..Selamat mencoba….


























Kamis, 24 Desember 2020

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Sudah pernah dan tentunya sudah pada bisa kan yak bikin tulisan pangkat di Ms. Word. Bagaimana kalo di Excel… terkadang orang – orang supaya mudah Di Microsoft Excel biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M2 dan M3 .  


Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini.

 

1.            Misalkan kita ingin membuat tulisan M2 di dalam sebuah sel microsoft excel

2.            Ketikan tulisan M pada sebuah sel

3.            Lalu Klik kanan pada sel tersebut

4.            Kemudian pilih item Format Cells

5.            Pada dialog Format Cells, berikan tanda check pada item Superscript

6.            Klik tombol OK

7.            Selanjutnya ketik angka 2

8.            Tekan tombol enter

9.            Sel telah terisi dengan M2.

 

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat :)

Senin, 14 Desember 2020

Perbedaan Blog Dengan Website

 

Perbedaan Blog Dengan Website

 

 Blog atau weblog dan Website merupakan media yang bisa kamu gunakan untuk membagikan konten berupa teks, gambar, video, dan audio kepada banyak orang. Pengguna blog dan website selalu bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Salah satu penyebabnya adalah kebutuhan kita terhadap blog dan website yang selalu meningkat serta kemudahan untuk membuat dan menggunakannya. Meskipun sepintas keduanya sama, tetapi pada dasarnya blog dan website merupakan dua media yang berbeda.

    Ada beberapa perbedaan antara blog dan website yang perlu kamu ketahui berdasarkan faktor pembeda berikut ini :

1. Pengguna

Blog dibuat untuk keperluan tulis menulis, sehingga penggunanya adalah kalangan masyarakat biasa yang ingin menyalurkan hasil tulisannya kepada banyak orang. Satu blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu orang. Sementara website dimiliki oleh satu orang atau lebih sesuai dengan tujuan dibuatnya. Pemilik website biasanya adalah kalangan profesional yang membutuhkan website sebagai media untuk menginformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui internet.

2. Tujuan

Blog diciptakan untuk keperluan pribadi. Blogger atau pemilik blog biasanya menggunakan blog sebagai media untuk menuliskan catatan pribadinya agar dapat dibagikan kepada teman-temannya. Seiring dengan perkembangan waktu, fungsi blog bergeser dari yang semula untuk keperluan pribadi bertambah menjadi fungsi media bisnis online Sementara itu, kemunculan website memang diciptakan pemiliknya untuk keperluan komersial, seperti profil perusahaan dan jualan online.

3. Biaya

Kita dapat menggunakan blog secara gratis. Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing platform blog. Jika menggunakan website maka kita perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. Meskipun demikian, pengeluaran untuk biaya membuat website dapat kita kurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratisan.


Baca Juga : 

              -. Cara Menambahkan Gambar di Blogger

             -. Penjelasan Singkat Tentang Microsoft Power Point

             -. Cara Membuat, Membalas dan Menghapus Comment di Word

4. Kemudahan

    Jika dilihat dari aspek ini, Blog lebih mudah dibuat dan digunakan dari pada website. Kita hanya perlu mendaftar dan langsung menggunakan layanan blogging secara gratis. Fitur yang sederhana dan user friendly akan membuat pemula dapat mengoperasikan blog dengan baik. Sementara itu, jika ingin memiliki sebuah website, kita perlu menyiapkan beberapa hal seperti domain, webhosting, script yang akan diunggah ke webhosting, hingga software  File Transfer Protocol (FTP). Bagi pengguna pemula, kita akan merasa sedikit kesulitan ketika menggunakan website untuk pertama kalinya. Salah satu penyebabnya adalah minimnya tutorial yang memandu kita.

5. Desain Template

    Pada umumnya tampilan desain template website lebih bagus daripada desain template blog. Selain itu, suatu desain template blog juga banyak digunakan oleh blogger karena template tersebut merupakan template bawaan dari platform blog atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog. Tampilan desain template website lebih bagus dan jarang terdapat kesamaan antara satu website dengan website lain. Hal ini disebabkan desain template website dibuat langsung oleh pemilik website tersebut, sehingga tampilannya akan sesuai dengan keinginan pemiliknya.

6. Performa

      Dengan tampilan desain template yang bagus dan fitur yang lebih lengkap membuat website lebih unggul ketika digunakan. Website yang dibuat oleh programmer akan terlihat lebih profesional dan mampu mengakomodasi kebutuhan pemilik serta pengunjung website. Blog yang ditujukan untuk keperluan tulis menulis memiliki fitur terbatas dan akan terlihat kaku ketika dipaksakan untuk keperluan lain seperti sebagai media bisnis online.

Kamu harus selektif sebelum memutuskan untuk menggunakan blog atau website agar di kemudian hari media tersebut dapat memudahkan kerja kamu dan tidak menjadikan beban. Antara blog dan website, manakah yang lebih baik untuk kamu? Sebenarnya kedua media ini sama saja, namun penggunaan blog seperti lebih ditunjukan untuk blogger pemula. Seorang blogger tidak sepenuhnya memiliki kontrol atas penggunaan blog karena adanya tampilan tema standar dan gaya desain yang terbatas. Blog dijadikan website? Bisa saja, tapi jika awalnya yang kamu miliki adalah sebuah blog dan nantinya kamu berencana untuk menjadikan itu website, maka kamu harus kerja dua kali karena banyak yang harus ditambahkan di blog untuk menjadikannya sebuah website. Jika kamu merasa kesulitan dalam mendesain website untuk keperluan bisnis kamu dan mengembangkannya. Whello sebagai agensi digital marketing mempunyai berbagai penawaran menarik yang siap membantu kamu dalam membangun sebuah website yang bagus dan user friendly sesuai dengan yang kamu inginkan dan butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa memilih paket pembuatan website sesuai dengan budget yang kamu punya.

 

 

 

Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi teman-teman….

Selasa, 08 Desember 2020

Cara Membuat, Membalas dan Menghapus Comment di Word

 

Cara Membuat, Membalas dan Menghapus Comment di Word

Mungkin diantara kalian pernah saat mau ngeprint dokumen/ file.. tapi file kalian seperti ini….


Comment di Microsoft Word sering di manfaatkan untuk pengingat atau note yang menandakan bahwa ada sebagian tulisan penting untuk dipelajari lebih lanjut lagi. Namun, terkadang kita sebagai kurang merasa nyaman dengan adanya kotak comment ini. Alhasil banyak yang memilih untuk menghapus atau menghilangkan comment di Word ini, biasanya karena dianggap mengganggu pandangan saat membaca teks di MS Word.

Jadi untuk kalian yang mau mengeprint atau hanya merasa terganggu saat membaca file kalian, kalian bisa delete komen tersebut secara permanen, atau sekedar kalian hidden saja bila komen tersebut masih dianggap penting sebagai note.

Sebelum saya bahas tentang gimana cara menghapus komen, mungkin disini saya akan share sedikit mengenai gimana sih cara membuatnya komen….

Baca Juga : Mengatasi Error Photoshop “Could not complete your request because a DQT, or DHT JPEG is missing before a JPEG SOS marker ”

Membuat Comment di Word

1.       Buka file MS Word, lalu Kamu pilih kalimat mana yang akan diberi komen dengan cara menyeleksi kalimat tersebut.

2.      Klik tab Review lalu pilih New Comment (Insert a Comment) yang artinya Kamu dapat memasukkan komen pada kolom tersebut.

 
 Biasanya akan muncul pop up tempat memasukkan comment, silakan Kamu isi dengan beberapa kalimat penjelasan lebih mendetail. Jika sudah Kamu bisa menekan tombol Resolve untuk menutup kolom comment.

 

 Sampai di sini Kamu sudah bisa membuat komen di Word, selanjutnya Kamu bisa membalasnya dengan cara balas komen di Word berikut.

Cara Membalas Comment di Word

1.       Seperti biasanya Kamu masuk ke tab Review, lalu pilih Show Comments untuk memunculkan komen di Word. Biasanya suka ada yang bingung bagaimana cara menyembunyikan comment di Word. Nah, jawabannya ada di Show Comments. Tekan saja tombol ini untuk hide atau show comment di Word.

2.       Jika sidah pilih komen mana yang akan dihapus, kemudian tekan Reply untuk membalas comment di Word.


3.       Nah, untuk cara mengedit comment di Word sebelumnya. Kamu bisa menekan tombol Reopen untuk membuka kembali komen sebelumnya yang sudah Kamu buat.


Cara Menghilangkan Comment di Word

Cari tab Review lalu pilih Show Comments untuk menampilkan semua komen yang ada. Jika sudah silakan pilih komen yang akan dihapus, kemudian Kamu bisa klik menu dropdown Delete dan pilih Delete untuk menghilangkan comments secara permanen.

 

Alternatif cara cepat menghilangkan semua comment di Word yaitu dengan cara memilih  Delete All Comments in Document pada menu Delete Comment.

Sekian mengenai pembahasan komen kali ini.. thanks a lot sudah membaca dan… semoga bermanfaat : )





Jumat, 04 Desember 2020

Cara Menambahkan Gambar di Blogger


Ketika anda menulis artikel di blog, tidak mungkin anda hanya menggunakan text saja tanpa adanya gambar. Tujuan gambar ini untuk membuat artikel yang anda buat menjadi lebih menarik dan lebih mempermudah pembaca memahami artikel yang anda buat.

Terlebih lagi jika anda ingin membuat artikel tutorial, menjelaskan langkah-langkah dengan disertai gambar itu wajib agar pembaca lebih mudah memahami apa yang ingin anda sampaikan.

Melalui artikel dibawah ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara menambahkan gambar di blogger atau di blogspot. Untuk langkah-langkahnya bisa anda simak di bawah ini.

 

 Cara menambahkan gambar di Blogger.

  1. Saya anggap kalian sudah login di blog kalian, Dan saat ini kalian sedang membuat artikel, Jika kalian menambah gambar di artikel anda tinggal klik ikon image seperti yang ditunjukan anak panah




2. Klik Tombol pilih file

 




3. Pilih gambar yang diinginkan (upload lebih dari 1 gambar juga diperbolehkan). Setelah itu, klik Open.




4. Jika gambar sudah diupload, pilih gambar yang ingin anda masukkan pada artikel kemudian klik             tombol selected.



5. Gambar berhasil ditambahkan pada artikel.




6. Jika anda ingin gambarnya diperbesar, diperkecil atau ingin diganti posisinya, tinggal klik gambar tersebut lalu tarik bagian sudutnya.




Itulah cara menambahkan gambar di blog. Sekian dari saya, selamat mencoba dan semoga berhasil.


                     - Cara Seting Transisi Di Power Point

                     - Mengatasi Error Photoshop “Could not complete your request because a DQT, or DHT     JPEG is missing before a JPEG SOS marker ”