FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Selasa, 31 Maret 2020

Cara Zip File dan Mengekstrak File Zip di Windows


Cara Zip File dan Mengekstrak File Zip di Windows

Dalam artikel kali ini kita akan berbagi cara melakukan zip (mengarsipkan file/folder) dan mengekstrak file arsip (unzip) di Windows. Windows adalah salah satu sistem operasi (OS) yang paling populer digunakan di komputer dekstop. Software ZIP biasanya sudah dilengkapi di Windows, jadi kalian tidak perlu lagi men-download atau meng-install apapun untuk men-zip/unzip file kalian. Jika kalian mau mentransfer banyak file sekaligus dalam 1 waktu, biasanya selalu disarankan agar men-zip-nya terlebih dahulu agar proses transfer menjadi lebih cepat, nyaman dan aman.
Langkah 1 – Men-zip file atau folder
  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menemukan file atau folder yang ingin kalian arsipkan, lalu pilih semuanya. Kalian bisa memilih semua file yang ada dalam folder kalian dengan menekan tombol CTRL + A. Jika kalian ingin memilih file terpisah dalam folder, tahan tombol CTRL dan pilih file yang kalian inginkan (tekan tombol sambil memilih file).

2. Jika kalian ingin mengganti nama (rename) arsip kalian, klik kanan file arsip zip, pilih Rename dan ketik nama yang baru.




Langkah 2 – Mengekstrak/mengeluarkan file atau folder
v Menggunakan fitur Extract All
Mengekstrak file arsip zip di Windows sangat mudah:
  1. Untuk mengekstrak file atau folder, buka direktori tempat file arsip berada.







    
vMenggunakan Windows Explorer
Di beberapa versi Windows, fitur Extract All tidak bisa diakses langsung dari menu context. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Windows Explorer:
1.    Akses file atau folder yang ingin Anda ekstrak.

2.    Klik kanan dan pilih Open With -> Windows Explorer


  1. Windows Explorer akan terbuka. Pilih file yang ingin Anda ekstrak dan langsung drag ke folder/direktori yang Anda inginkan. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar