FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Jumat, 30 Oktober 2020

CARA SCAN DOKUMEN MENGGUNAKAN SCANNER CANON LIDE 120

 

CARA SCAN DOKUMEN MENGGUNAKAN SCANNER CANON LIDE 120


Pengalaman menggunakan scanner CANON LIDE 120 mudah sekali, cara scan dokumen ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan menu program dan menggunakan tombol langsung pada scannernya.

1. Cara scan dokumen melalui menu program:

Buka cover dokumen pada scanner

Letakkan dokumen dengan posisi seperti gambar di bawah ini



 Baca Juga: 

                Cara Seting Transisi Dipower Point

Tutup  cover dokumen pada scanner dengan sempurna.

Klik >> Start menu >> All Programs >> Canon Utilities >> IJ Scan Utility

Lalu akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini




Klik "Auto", atau jika ingin mengubah pengaturan seperti hasil output ingin format JPEG, Bitmap, PDF. Teman-teman tinggal klik di Settings. akan muncul gambar seperti di bawah ini

 



 

Jika pengaturannya sudah selesai, lalu klik ok. Nanti akan muncul seperti gambar yang dibawah ini



 

Lalu klik” Auto” bisa juga teman-teman klik di “ Document ”. Proses scan akan berjalan.

Simpan pada lokasi folder yang diinginkan. Scannya sudah selesai.


2. Cara scan dokumen menggunakan tombol pada scanner :

Buka cover dokumen pada scanner  

Letakkan dokumen dengan posisi seperti gambar di bawah ini


Tutup cover dokumen pada scanner dengan sempurna.

Tekan tombol "AUTO SCAN"  pada scanner

Proses scan akan berjalan. Simpan pada lokasi folder yang diinginkan.

 

Baik teman-teman sekian dari kami semoga bermanfaat.

Senin, 19 Oktober 2020

Jenis-jenis jilid buku yang bisa digunakan

 

Jenis-Jenis Jilid Buku yang Bisa Digunakan

 

Baik Teman-teman di pertemuan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian bahwa, ada beberapa jenis jilid buku yang bisa digunakan oleh teman-teman.

 Beragam jenis penjilidan buku memiliki gaya yang berbeda-beda. Penjilidan memiliki aplikasi yang berbeda dan dapat mempengaruhi dalam penggunaannya. Untuk itu, perlu mempertimbangkan jenis penjilidan yang ingin Anda gunakan sebelum memutuskan untuk menjilid buku Anda.

Pemilihan jenis penjilidan yang digunakan bergantung pada tujuannya. Beberapa lebih tahan lama dari pada yang lain. Sementara beberapa memungkinkan bisa dibuka rata, dan ada pula yang memiliki penampilan lebih menarik.

 

1.        JENIS COVER BUKU

Ada 2 jenis cover buku, yakni soft cover dan hard cover. Berikut adalah perbedaannya.

·      SOFT COVER

Soft cover adalah yang paling banyak digunakan. Dilakukan dengan menambahkan kertas yang lebih tebal dari isi buku ke bagian cover depan dan belakang. Kertas tersebut dapat pula ditambahkan laminasi supaya lebih bagus. Soft cover lebih murah dan ekonomis.

·      HARD COVER

Hard cover adalah buku yang memakai cover keras atau kaku. Buku ini tidak mudah rusak dan lebih tahan lama. Biasa dipakai pada buku-buku dalam penggunaan jangka panjang, seperti halnya pengarsipan. Dibuat dengan papan board atau kertas yang tebal, lalu menutupinya dengan kertas, kain, ataupun kulit.

 

2.     JENIS-JENIS JILID BUKU

Ada beragam jenis penjilidan untuk buku yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa contohnya.

·                   JILID STAPLES TENGAH

     Jilid staples tengah atau disebut juga sebagai jilid kawat. Ini adalah jenis jilid yang paling     mudah dan ekonomis. Halaman-halaman dilipat lalu dijilid dengan staples biasa. Jenis             penjilidan ini  sering digunakan untuk Membuat Katalog Produk, booklet dan majalah dengan   jumlah halaman yang  sedikit, antara 4-80 halaman. Untuk dapat menggunakannya, Jumlah     halaman harus memiliki  kelipatan 4, bila tidak maka akan ada halaman yang kosong.

 

·                  JILID PERFECT BINDING



Bentuk penjilidan yang sering digunakan pada jenis buku bacaan seperti novel. Buku terjilid sempurna sehingga cocok untuk buku tahunan. Pada bagian pinggir halaman buku direkatkan dengan sampul bungkus ke punggung cover, menggunakan lem atau perekat. Dengan penjilidan ini, buku tidak bisa terbuka rata, dan harus menggunakan perekat yang kuat isi supaya halaman tidak lepas.

Perfect binding dapat diaplikasikan dalam bentuk hard cover maupun soft cover. Bila memakai soft cover, maka perlu menggunakan jenis kertas yang tebal dari isi halaman dan bisa menambahkan laminasi untuk melindungi buku.

 

·                       JILID JAHIT BENANG



Pada jenis penjilidan ini, halaman-halaman dilipat menjadi beberapa bagian. Lalu bagian pinggir dijahit ke punggung cover. Pada umumnya jenis jilid buku jahit benang diaplikasikan dalam bentuk hard cover. Dapat pula dikombinasikan dengan perfect binding, supaya lebih dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

·                       JILID SPIRAL



Secara singkat, tepi halaman-halaman buku dilubangi, lalu disatukan dengan roll kawat atau plastik. Jenis penjilidan ini biasanya dipakai untuk buku yang tidak terlalu memiliki banyak halaman dan tidak memakai memakai kertas gramasi terlalu tebal. Karena ruang lingkupnya adalah roll atau ring binder yang digunakan.

Kelebihan jenis jilid buku ini adalah bisa dibuka secara 360 derajat tanpa perlu menekuk covernya. Supaya lebih menarik, dapat menambahkan lapisan mika atau kertas berwarna di bagian cover depan dan belakangnya.

Jenis ini sering digunakan untuk buku agenda, laporan tahunan, dan buku catatan. Sebelum memutuskan untuk memakai spiral, pastika jarak tepi isi halaman desain memiliki ruang. Supaya tidak termakan lubang spiral.

 


 

 

Sabtu, 17 Oktober 2020

Cara mudah Scan di Epson L360

 Berikut ini adalah cara Scan Printer Epson L360

 

   Kali ini kami akan berbagi tutorial cara scan di printer Epson  L360. Tutorial ini sangat cocok untuk teman-teman jika ingin menscan foto, KTP, ijazah, gambar, teks atau dokumen lainnya menggunakan printer Epson L360.
Nah, di artikel ini  kami akan memberi tutorialnya bagaimana cara menggunakannya
..

  • Hidupkan printer anda dengan menekan tombol ON dan tunggu beberapa saat hingga printer siap digunakan.
    Lalu buka penutup scanner atau conver scanner dan masukkan dokumen yang ingin di scan
  • Pastikan posisi dokumen menghadap kebawah agar scan berhasil. Karena jika posisi menghadap ke atas maka ini posisi salah. Dokumen dapat diletakkan di tengah-tengah scanner atau pinggir
  • Lalu tutup cover scanner dengan hati-hati agar posisi dokumen tidak berubah.
  • Buka laptop anda, lalu klik Start, pilih Folder EPSON, lalu EPSON SCAN
  • dan klik pada EPSON Scan



  • Tunggu beberapa saat program Epson Scan muncul di layar laptop
  • Tanpa mengubah apapun klik tombol Pindai (s). Atau jika ingin mengubah pengaturan seperti hasil output ingin format JPEG, Bitmap, PDF, dan tempat penyimpanan bisa klik pada tombol “Sesuaikan (o)” lalu klik Pengaturan Penyimpanan File (s). Setelah selesai klik OK.



  • Jika pengaturan sudah selesai maka klik Pindai (s) dan tunggu proses pemindaian dokumen berlangsung hingga selesai.

  • Hasil pemindaian akan terlihat sebelum benar-benar selesai pada proses scan dan nantinya akan otomatis terbuka pada folder penyimpanan laptop anda.
  • Selesai, dokumen sudah berhasil di scan. Anda dapat melihat di folder tempat menyimpan hasil
  • Silakan ambil dokumen yang sudah di scan dari scanner epson L360. 
  • Baik teman-teman sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi teman-teman.Selamat mencoba....

Jumat, 16 Oktober 2020

CARA MENGAMBIL GAMBAR/LAYAR DI PC/LAPTOP DENGAN PrintScr

 

CARA MENGAMBIL GAMBAR/LAYAR DI PC/LAPTOP DENGAN PrintScr



kadang saat kita ingi menyimpan suatu gambar atau artikel yang tidak bisa di copy paste tentunya membuat kita bingung untuk mencari artikel yang lain yang sama seperti yang kita temukan sebelumnya.. tapi tenang sekarang solusi mudahnya tinggal PrintScreen / Screenshot 


1. siapkan layar yang akan di screenshot (usahakan agar gambar terlihat semua)

2. tekan tombol Print Scr pada Keyboard 

3. setelah itu buka aplikasi Paint pada komputer/laptop kalian 

4. Lalu Tekan Tombol Ctrl + V pada Keybord 

5 Setelah itu kalian Selection gambar yang ingin di ambil dengan Tool di Paint Seperti gambar dibawah ini :

Baca Juga : Pengertian dan Penggunaan Autofill Pada excel 2013


6.  Setelah Selection gambar lalu kalian bisa Klik Crop Seperti gambar dibawah ini 
7. setelah itu kalian bisa Save As dimanapun yang kalian inginkan.


Bagaimana mudah bukan... selamat mecoba dan semoga bermanfaat untuk menambah ilmu kalian semua, jangan lupa untuk kunjungi Artikel kami yang lain erdiprint.blogspot.com





Senin, 21 September 2020

Cara Mengatasi Hasil Print yang Bergaris di Epson L360

 

Cara Mengatasi Hasil Print (cetak) Bergaris di Epson L360

Mungkin kalian yang kebetulan menggunakan printer jenis Epson L360, pernah mengalami hasil print yang bergaris / huruf ga sempurna hasilnya. Nah… jika kalian mengalami yang seperti itu, coba kalian baca dulu disini… kali bermanfaat…

 


Ada beberapa masalah yang menyebabkan Hasil Print (cetak) Bergaris :

  1. Printer sudah lama tidak dipakai.
  2. Tinta sudah habis.
  3. Kotor

Coba kalian lakukan beberapa langkah seperti :

A.    Cek tinta printer

Coba cek tinta printer terlebih dahulu karena biasanya hasil bergaris di sebabkan juga karena kehabisan tinta, yang membuat hasil print bergaris .

B.    Apabila tinta habis maka secepatnya isi atau jika tinta masih ada kita lanjutkan ke cara berikutnya apabila hasil cetak masih tidak sempurna.

C.    Masuk ke cara Maintenance

Untuk cara ini adalah cara terakhir biasanya akan berhasil dan hasil print akan kembali normal seperti biasanya, tanpa ada hasil yang bergaris.

 Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan Maintenance Head Cleaning atau Maintenance Nozzle Check , jangan khawatir karena cara kerja kedua hampir sama yaitu dengan cara Cleaning, yaitu dengan cara kerja pertama yang di lakukan mencetak hasil print apabila hasil print tidak sempura maka hal yang dilakukan selanjutnya adalah cleaning. 

 Cara untuk Melakukan Maintenance Head Cleaningialah :

  1. Klik Start > Klik Device and Printers atau Klik Control Panel > Klik Hardware and Sound > Klik Device and Printers.
  2. Cari Printer logo dengan nama Printer kalian yang akan Kita Maintenance Head Cleaning, disini admin menggunakan Epson L360 tapi cara ini sama dengan Epson L310.
  3. Klik Kanan pada printer yang kita pilih > Klik Printer Preferences maka akan tampil menu.
  4. Kemudian Klik Maintenance > Klik Head Cleaning > Klik Start > Klik Print Noozle Check > Klik Print.
  5. Apabila hasil print (cetak) tidak sempurna maka Klik Clean tunggu beberapa menit (biasanya kalau pertama clean kurang lebih 1 menit)
  6. Kemudian jika sudah beres akan muncul Print dan Clean , Klik Print terlebih dahulu apakah hasil sudah sempurna, jika belum maka Klik Clean kembali ,tapi jika hasil print sudah sempurna maka Klik Finish.


Semoga bermanfaat… Selamat mencoba & semoga berhasil : )

 

Selasa, 04 Agustus 2020

Perbedaan format JPG dengan PNG

JPG dengan PNG


Perbedaan antara format JPG dengan PNG tidak lah terlalu banyak yaitu hanya pada tingkat kompresi, fitur, dan pemakaiannya saja.

Kompresi

·         JPG menggunakan metode kompres lossy.

JPG alias Joint Photographic Experts Group yang kadang juga orang ada yang menyingnkatnya JPEG. JPG udah dikembangkan sejak lama, ya sebagai format file yang mendukung optimalisasi size gambar secara otomatis, dengan cara mengurangi bagian-bagian tertentu pada foto, namun tetap mengedepankan kualitas (lossy). Format JPG ini biasanya digunakan untuk photography, karena kebanyakan memiliki size gambar yang besar.

·         PNG menggunakan metode kompres lossless.

PNG atau Portable Network Graphics. Format ini adalah jenis gambar yang memiliki fitur kompres tanpa mengurangi kualitas sedikitpun (lossless). PNG  ini biasanya dipakai pada di situs-situs internet. Tidak hanya itu, para ilustrator digital juga biasanya menggunakan format PNG ini untuk gambar-gambar jenis ilustrasi dan vector, dengan alasan line (garis) yang dibuat tidak pecah.

Pemakaian

JPG biasanya dipakai untuk foto dengan gaya fotografi. Misalnya, foto pemandangan, hasil kamera, dan sejenisnya. Alasannya, karena size yang dihasilkan akan bisa dioptimalisasi agar jadi lebih kecil.

Sedangkan, PNG biasanya dipakai untuk gambar ilustrasi seperti vector atau animasi (gambar 2D). Alasannya, karena garis (line) yang dibuat tidak akan pecah dan kualitas gambar pun akan tetap sama seperti pengaturan saat gambar disimpan dari aplikasi editing foto.

Fitur:

v  Selain fitur kompresi bawaannya, JPG juga mendukung fitur yang bernama EXIF (Exchangeable Image File). Dimana ni fitur menyimpan informasi pada sebuah foto seperti  jenis kamera, lokasi, kapan dan memakai perangkat kamera apa foto tersebut diambil.

EXIF tentunya sangat bermanfaat untuk para fotografer. Karena informasi tentang foto ini bisa menjadi referensi mereka, entah itu untuk memotret, atau untuk memilih perangkat kamera apa yang harus dipakai.

v Sedangkan fitur yang dimiliki PNG yaitu fitur transparency yang membuat foto menjadi transparan. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa membuat sebuah gambar tanpa latar belakang tertentu alias transparan, biasanya dipakai oleh para Ilustrator ketika sedang membuat gambar, mengedit, atau menyatukan gambar.

Sekian dan semoga bermanfaat :)

 

 

 




Jumat, 03 Juli 2020

Cara Menggunakan Flash Fill Excel 2013

Cara Menggunakan Flash Fill Excel 2013

Anda mungkin sudah familiar dengan Fitur Autofill pada excel yang sering kita gunakan untuk mengisi cell secara otomatis, Pada micosoft excel versi 2013 keatas ditambahkan lagi kemampuan autofill yaitu dengn fitur Flash fill. Flash fill excel bekerja dengan cara membaca cell disamping kanan atau kiri sebagai cell pembentuknya, flash fill akan secara otomatis membaca pola yang kita tuliskan. salah satu contoh penggunaanya adalah untuk mengisi nama lengkap dari 2 cell tanpa harus menggunakan Fungsi atau rumus. cara menggunakan flash fill sangat mudah, kita dapat akses pada tab Home, Group editing pilih  Flash fill atau menggunaka ShortCut

Jika belum mengetahui apa itu Autofill bisa membaca link artikel dibawah ini :
Pengertian dan Penggunaan Autofill Pada excel 2013

cara menggunakan flash fill excel 2013

Cara menggunakan Flash fill excel 2013

Banyak sekali manfaat menggunakan Flashfill di excel 2013 Berikut ini beberapa contoh penggunaan Flash fill di excel yang cukup membantu memudahkan kita dalam pekerjaan sehari-hari.

  • Cara Menggunakan Flash fill untuk Penggabungan Teks

Menggabungkan teks dalam excel biasanya kita dapat gunakan fungsi CONCATENATE atau AMPERSAND (&). Cara paling mudah untuk menggabungkan teks dapat kita gunakan Flah Fill. pada tabel dibawah  ini kita diminta untuk mengisi kolom Full name.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel
menggunakan flash fill di excel 2013

Langkah-langkah
1. Tulisakan Format yang diinginkan pada Cell E10. contoh “AFNI YAMIN” atau “AFNI,Bin YAMIN”
2. Letakan Pointer dibawahnya Cell E11
3. Gunakan Shorcut CTRL+E atau Flashfill tools pada tab Home
4. Data akan terisi otomatis dengan Nama lengkap.

  • Cara Menggunakan Flash fill untuk Ekstrak tanggal

Flas fill ini juaga dapat anda gunakan untuk mengekstrak data tanggal dengan hanya mengambil data bulan, hari, atau tahunnya saja tanpa kita harus menggunakan Fungsi/rumus Date.
flash fill excel data tanggal
Langkah-Langkah
1. Tuliskan data hari pada cell C10.  Ketik “16”
2. Letakan Pointer pada cell C11
3. Gunakan Shortut CTRL+E
4. Ulangi langkah diatas untuk mengisi data kolom bulan dan tahun.

  • Cara Menggunakan Flash fill untuk Merubah format data angka atau teks

Contoh penggunaan flash fill excel lainya adalah anda dapat gunakan untuk memberikan format data yang berbeda pada cell hasil, sebagai  contoh, kita akan menambahkan tanda “-” pada NIP pegawai. Lihat contoh di bawah.

Baca Juga : Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel
flash fill excel format

Langkah-Langkah :
1. Tuliskan format yang kita iginkan pada cell C10.  
2. Letakan Pointer pada cell C11
3. Gunakan Shortut CTRL+E
4. Ulangi langkah diatas untuk mengisi data kolom bulan dan tahun.

Masih banyak lagi manfaat dari flash fill, anda dapat gunakan untuk mengambil data teks atau angka dari suatu data, mengubah format ke huruf besar, kecil, atau besar kecil, dan masih banyak lagi. selamat mencoba, jangan lupa untuk kunjungi artikel kami yang lainnya erdiprint.blogspot.com semoga bermanfaat.

 


Rabu, 24 Juni 2020

Pengertian dan Penggunaan Autofill Pada excel 2013

Penggunaan Autofill excel 2013

Autofill adalah fitur pada micosoft excel yang berfungsi untuk mengisi data secara otomatis berdasarkan patern atau pola tertentu. penggunaan autofill sangat dipakai dalam excel untuk membuat penomoran dan copy formula dengan otomatis. tipe data yang dapat kita autofill adalah data berupa angka, teks, jam, tanggal, bulan, tahun, dan formula (rumus). cara penggunaan autofill dapat anda lihat pada tampilan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel



Autofill Angka

Cara menggunakan autofill dapat anda lakukan melalui dua cara, anda dapat menggunakan tools yang sudah disediakan di excel namanya adalah fill. anda dapat mengkases pada Tab home dan berada pada grup editing. Selain menggunakan tombol fill cara yang paling mudah adalah menggunakan drag mouse kita dapat autofill menggunakan tanda Plus pojok kanan bawah cell dan drag sesuai kebutuhan.



Fill Icon


Drag Mouse


Cara Autofill excel untuk data angka :

Baca Juga : Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel

Lakukan Langkah – Langkah berikut ini :

  1. Letakan pointer pada cell B38
  2. Ketikan angka 1
  3. Pada pojok kanan bawah klik dan tahan mouse, kemudian drag kebawah sampai pada cell B42.Lepaskan klik mouse.
  4. klik Autofill option dan pilih Fill series. maka akan dibuatkan angka berurut dari 1 sampai 5

Catatan : penggunaan autofill dapat anda gunakan untuk berbagai arah, drag kebawah, keatas, ke kanan dan kiri sesuai kebutuhan.

Cara Autofill excel untuk data tanggal :



Lakukan Langkah – Langkah  berikut ini :

  1. Letakan pointer pada cell I20
  2. Ketikan data tanggal 2/24/2017 atau gunakan shorcut masukan tanggal hari ini “CRTL+;
  3. Pada pojok kanan bawah klik dan tahan mouse, kemudian drag kebawah sampai pada cell I24.Lepaskan mouse.
  4. klik Autofill option dan pilih Fill series. maka akan dibuatkan tanggal yang terurut.

Catatan : Autofill option untuk data tanggal mempunyai pilihan yang berbeda dengan data text ada beberapa opsi tambahan yang dapat digunakan.

  • Fill Days : Membuat data tanggal dengan urutan hari
  • Fill Weekdays : Membuat data tanggal dengan urutan hari kerja saja ( hari sabtu dan minggu tidak disertakan)
  • Fill Months :Membuat data tanggal dengan urutan bulan
  • Fill y]Years : Membuat data tanggal dengan urutan tahun

Cara Autofill excel untuk Formula (rumus)

Baca Juga : Pengertian Cell,Range,Row dan Column pada Microsoft Excel

Lakukan Prosedur berikut ini :

  1. Letakan pointer pada cell G39
  2. Ketikan Rumus perkalian “=E39*F39” tekan Enter
  3. Pada pojok kanan bawah klik dan tahan mouse, kemudian drag kebawah sampai pada cell G43.Lepaskan mouse.

Catatan : Autofill dapat menggunakan double klik tanda plus pada pojok kanan bawah cell. dengan syarat pada kolom sampingnya terdapat referensi cell.

Bagaimana mudah dipahami bukan, semoga artikel ini bermanfaat dan memberi pengetahuan untuk kita semua. Jangan lupa kunjungi artikel artikel menarik kami yang lainnya erdiprint.blogspot.com.. Terima Kasih