FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Jumat, 20 November 2020

Penjelasan Singkat Tentang Microsoft Power Point

 

Pengertian Microsoft Power Point

Program Microsoft Power Point berguna untuk membuat dokumen dengan format slide. Biasanya, program komputer satu ini dipakai untuk kebutuhan presentasi, mengajar, atau membuat animasi secara sederhana. Kehadiran program ini menggeser proyektor sebagai cara presentasi model lama.

Dengan bantuan Power Point, presentasi menjadi mudah dan menarik. Sebab, sudah tersedia template yang bisa diterapkan pada bahan dokumen yang hendak dipresentasikan. Selain itu, beberapa template yang disediakan secara online bertebaran dimana-mana.

Baca Juga : 



Fungsi Microsoft Power Point

Seperti disebutkan sebelumnya, Fungsi Microsoft Power Point bisa digunakan untuk kebutuhan presentasi, mengajar, atau membuat animasi secara sederhana. Namun, ada beberapa kelebihan dan manfaat yang dimiliki Power Point untuk mendukung peran dan fungsinya itu, diantaranya:

  • Power Point memudahkan pengguna untuk menambahkan audio, video, gambar/foto, hingga animasi. Hal ini membuat presentasi menjadi lebih hidup dan menarik.
  • Slide bisa diatur dan dicetak.
  • Presentasi bisa diakses melalui perangkat komputer dimanapun, dengan catatan terkoneksi dengan cloud atau menggunakan penyimpanan berupa USB.

Sejarah Perkembangan Microsoft Power Point

Sebelum bernama Microsoft Power Point, program ini bernama Inc. yang dikembangkan Bob Gaskins dan Dennis Austin dengan perusahaan Forethought. Tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi perusahaan ini dengan harga 14 juta dolar US.

Nama program ini pun diubah menjadi Power Point. Tahun 90-an, Microsoft merilis Power Point 2.0. Sejak saat itu, Power Point menjadi bagian tidak terpisahkan dari Microsoft Office bersama Word dan Excel.

Bagian-Bagian Microsoft PowerPoint

Sebagaimana sebuah program, Power Point juga memiliki bagian-bagian yang tidak bisa dipisahkan darinya. Berikut bagian-bagian Microsoft Power Point dan penjelasannya secara lengkap.



• Tombol Office

Tombol Office adalah tombol-tombol yang dipakai dalam mengakses perintah dasar yang berhubungan dengan dokumen. Contohnya membuat, membuka, menyimpan, mencetak, dan lain sebagainya.

• Quick Acces Toolbar

Quick Acces Toolbar adalah ikon-ikon yang dipakai dalam mengakses perintah pengguna secara cepat. Defaultnya, ikon-ikon ini ada tiga ikon – Save, Undo, Repeat.

• Tab Menu

Tab Menu adalah berisi menu-menu yang menunjukkan perintah-perintah untuk mengolah sebuah dokumen.

• Title Bar

Title Bar adalah nama file dokumen yang sedang dibuka.

• Ribbon

Ribbon adalah menu yang terletak dari perintah-perintah menu utama program.

• Slides Pane

Slides Paneadalah menu yang dipakai menampilkan thumbnail slide di dokumen.

• Status Bar

Status Bar adalah menu yang dipakai untuk menunjukkan status dokumen. Contohnya tema atau jumlah slide yang dipakai dalam slide.

• Notes Pane

Notes Pane adalah menu yang dipakai sebagai penampil catatan dalam slide.

• Slide Area

Slide Area adalah menu yang dipakai sebagai penampil slide dari dokumen.

• Tombol View

Tombol View adalah menu yang dipakai sebagai pengatur tampilan slide.

• Zoom Controls

Zoom Controls adalah menu yang dipakai untuk mengatur ukuran slide – zoom in memperbesar dan zoom out memperkecil.

Baca Juga :

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point

1. Kelebihan Microsoft Power Point

  • Pengguna mudah membuat presentasi slide
  • Power Point memiliki beragam tools pembantu
  • Template bervariasi
  • File bisa dieksport ke PDF
  • Power Point mempunyai fitur kolaborasi
  • Memiliki fitur layanan awan
  • Fitur proteksinya sangat bisa diandalkan

2. Kekurangan Microsoft Power Point

  • Tidak bisa digunakan di komputer dengan OS lain, khusus Windows
  • Harga lisensinya mahal
  • Program berat

Demikianlah penjelasan singkat tentang Microsoft PowerPoint. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat menambah wawasan yang lebih luas tentang pengertian Microsoft Power Point, Fungsi Microsoft Power Point, kelebihan dan kekurangan Microsoft Power Point, maupun itu untuk microsoft powerpoint versi 2007, 2010, 2013 dan 2016.

Cara Seting Transisi Di Power Point

 

Cara Seting Transisi Dipower Point

 

 Transisi merupakan hal yang tidak kalah penting dalam kita menyajikan sebuah Presentasi. Transisi juga merupakan Animasi yang terjadi ketika kita mulai menjalankan sebuah Slide. Dimana Transisi hanya ada ketika awal Slide saja. Namun untuk baris ke dua sampai sebelum akhir, Transisi juga ada di akhir Slide. Itu karena Transisi yang ada di Slide selanjutnya bergabung dengan Slide sebelumnya. Dan menjadikan seolah-olah Slide sebelumnya memiliki penutup Transisi. Oke sekarang mari kita bahas mengenai Cara Setting Transisi Power Point yang ada di bawah ini.

Baca juga: Mengatasi Error Photoshop “Could not complete your request because a DQT, or DHT JPEG is missing before a JPEG SOS marker ”

Cara Setting Transisi Power Point

1. Kita buka atau buat file Presentasi yang akan di setting. Saya sarankan   setting Transisi dahulu sebelum melakukan Cara Membuat Animasi Power Point. Hal tersebut agar penyettingan Animasi lebih mudah.


2. Kemudian kita pilih Slide yang akan diberi Transisi. Pilih tab Transitions dan pilih Transisi yang akan digunakan. Transisi dapat diatur arah berjalannya dengan Effect Options.


3. Lama Transisi berjalan tergantung dengan berapa waktu yang kita atur pada pilihan Duration di kanan atas.




 

4. Anda dapat mengatur Transisi akan berjalan manual dengan On Mouse Click atau       otomatis setelah waktu yang ditentukan dengan After.

5. Jika Anda ingin ada efek suara pada saat Transisi berjalan, Anda bisa menambahkan Sound pada Transisi Anda. Misal saja efek suara Koin, Bom dan lainnya.

6. Apabila Transisi yang sudah Anda setting ingin digunakan di semua Slide, langsung saja klik pilihan Apply To All.

 

Baca Juga: CARA SCAN DOKUMEN MENGGUNAKAN SCANNER CANON LIDE 120


Baik sekian dari saya. Selamat mencoba.. semoga berhasil…

Jumat, 06 November 2020

Mengatasi Error Photoshop “Could not complete your request because a DQT, or DHT JPEG is missing before a JPEG SOS marker ”

Mengatasi Error Photoshop “Couldn’t complete your request because a SOFn..”



Couldn’t complete your request because a SOFn, DQT, or DHT JPEG is missing before a JPEG SOS marker
. Beberapa kali saat saya mau mengedit background photo muncul pesan error yang ditampilkan oleh Photoshop. Saya ga tahu pasti penyebabnya, awalnya saya kira karna photo tersebut berasal dari kiriman wa.. dimana saya ambilnya via wa web… berkali – kali ta coba ulang namun tetep aja kagak bisa…. Saya coba kirim via email.. tetep juga gagal. Tapi setelah mikirnya berkali kali dibarengi sambil ngemil, saya berpendapat kalo hal ini bukan disebabkan karena kesalahan Photoshop, coz gambar lain bisa dibuka dengan baik.

Lalu setelah saya bolak balik dengan mencoba berbagai cara.. akhirnya saya menemukan solusinya.. entah itu memang beneran solusi atau kebetulan, tapi whatever.. yang penting saya berhasil mengedit background poto tersebut…

 Caranya simple temen – temen….

  1. Buka tuh Photo menggunakan editor lain seperti Paint atau apapun yg ada di PC kalian
  2. Disini saya menggunakan Paint
  3. Lalu save Photo tersebut dengan format baru
  4. Terakhir coba buka lagii foto/gambar tersebut menggunakan Photoshop

Waktu itu sih saya berhasil… Nah semoga kalian juga berhasil saat mencobanya…

Sekian dari saya… Semoga bermanfaat ya teman – teman….😊😊

 

 

Jumat, 30 Oktober 2020

CARA SCAN DOKUMEN MENGGUNAKAN SCANNER CANON LIDE 120

 

CARA SCAN DOKUMEN MENGGUNAKAN SCANNER CANON LIDE 120


Pengalaman menggunakan scanner CANON LIDE 120 mudah sekali, cara scan dokumen ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan menu program dan menggunakan tombol langsung pada scannernya.

1. Cara scan dokumen melalui menu program:

Buka cover dokumen pada scanner

Letakkan dokumen dengan posisi seperti gambar di bawah ini



 Baca Juga: 

                Cara Seting Transisi Dipower Point

Tutup  cover dokumen pada scanner dengan sempurna.

Klik >> Start menu >> All Programs >> Canon Utilities >> IJ Scan Utility

Lalu akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini




Klik "Auto", atau jika ingin mengubah pengaturan seperti hasil output ingin format JPEG, Bitmap, PDF. Teman-teman tinggal klik di Settings. akan muncul gambar seperti di bawah ini

 



 

Jika pengaturannya sudah selesai, lalu klik ok. Nanti akan muncul seperti gambar yang dibawah ini



 

Lalu klik” Auto” bisa juga teman-teman klik di “ Document ”. Proses scan akan berjalan.

Simpan pada lokasi folder yang diinginkan. Scannya sudah selesai.


2. Cara scan dokumen menggunakan tombol pada scanner :

Buka cover dokumen pada scanner  

Letakkan dokumen dengan posisi seperti gambar di bawah ini


Tutup cover dokumen pada scanner dengan sempurna.

Tekan tombol "AUTO SCAN"  pada scanner

Proses scan akan berjalan. Simpan pada lokasi folder yang diinginkan.

 

Baik teman-teman sekian dari kami semoga bermanfaat.

Senin, 19 Oktober 2020

Jenis-jenis jilid buku yang bisa digunakan

 

Jenis-Jenis Jilid Buku yang Bisa Digunakan

 

Baik Teman-teman di pertemuan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian bahwa, ada beberapa jenis jilid buku yang bisa digunakan oleh teman-teman.

 Beragam jenis penjilidan buku memiliki gaya yang berbeda-beda. Penjilidan memiliki aplikasi yang berbeda dan dapat mempengaruhi dalam penggunaannya. Untuk itu, perlu mempertimbangkan jenis penjilidan yang ingin Anda gunakan sebelum memutuskan untuk menjilid buku Anda.

Pemilihan jenis penjilidan yang digunakan bergantung pada tujuannya. Beberapa lebih tahan lama dari pada yang lain. Sementara beberapa memungkinkan bisa dibuka rata, dan ada pula yang memiliki penampilan lebih menarik.

 

1.        JENIS COVER BUKU

Ada 2 jenis cover buku, yakni soft cover dan hard cover. Berikut adalah perbedaannya.

·      SOFT COVER

Soft cover adalah yang paling banyak digunakan. Dilakukan dengan menambahkan kertas yang lebih tebal dari isi buku ke bagian cover depan dan belakang. Kertas tersebut dapat pula ditambahkan laminasi supaya lebih bagus. Soft cover lebih murah dan ekonomis.

·      HARD COVER

Hard cover adalah buku yang memakai cover keras atau kaku. Buku ini tidak mudah rusak dan lebih tahan lama. Biasa dipakai pada buku-buku dalam penggunaan jangka panjang, seperti halnya pengarsipan. Dibuat dengan papan board atau kertas yang tebal, lalu menutupinya dengan kertas, kain, ataupun kulit.

 

2.     JENIS-JENIS JILID BUKU

Ada beragam jenis penjilidan untuk buku yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa contohnya.

·                   JILID STAPLES TENGAH

     Jilid staples tengah atau disebut juga sebagai jilid kawat. Ini adalah jenis jilid yang paling     mudah dan ekonomis. Halaman-halaman dilipat lalu dijilid dengan staples biasa. Jenis             penjilidan ini  sering digunakan untuk Membuat Katalog Produk, booklet dan majalah dengan   jumlah halaman yang  sedikit, antara 4-80 halaman. Untuk dapat menggunakannya, Jumlah     halaman harus memiliki  kelipatan 4, bila tidak maka akan ada halaman yang kosong.

 

·                  JILID PERFECT BINDING



Bentuk penjilidan yang sering digunakan pada jenis buku bacaan seperti novel. Buku terjilid sempurna sehingga cocok untuk buku tahunan. Pada bagian pinggir halaman buku direkatkan dengan sampul bungkus ke punggung cover, menggunakan lem atau perekat. Dengan penjilidan ini, buku tidak bisa terbuka rata, dan harus menggunakan perekat yang kuat isi supaya halaman tidak lepas.

Perfect binding dapat diaplikasikan dalam bentuk hard cover maupun soft cover. Bila memakai soft cover, maka perlu menggunakan jenis kertas yang tebal dari isi halaman dan bisa menambahkan laminasi untuk melindungi buku.

 

·                       JILID JAHIT BENANG



Pada jenis penjilidan ini, halaman-halaman dilipat menjadi beberapa bagian. Lalu bagian pinggir dijahit ke punggung cover. Pada umumnya jenis jilid buku jahit benang diaplikasikan dalam bentuk hard cover. Dapat pula dikombinasikan dengan perfect binding, supaya lebih dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

·                       JILID SPIRAL



Secara singkat, tepi halaman-halaman buku dilubangi, lalu disatukan dengan roll kawat atau plastik. Jenis penjilidan ini biasanya dipakai untuk buku yang tidak terlalu memiliki banyak halaman dan tidak memakai memakai kertas gramasi terlalu tebal. Karena ruang lingkupnya adalah roll atau ring binder yang digunakan.

Kelebihan jenis jilid buku ini adalah bisa dibuka secara 360 derajat tanpa perlu menekuk covernya. Supaya lebih menarik, dapat menambahkan lapisan mika atau kertas berwarna di bagian cover depan dan belakangnya.

Jenis ini sering digunakan untuk buku agenda, laporan tahunan, dan buku catatan. Sebelum memutuskan untuk memakai spiral, pastika jarak tepi isi halaman desain memiliki ruang. Supaya tidak termakan lubang spiral.

 


 

 

Sabtu, 17 Oktober 2020

Cara mudah Scan di Epson L360

 Berikut ini adalah cara Scan Printer Epson L360

 

   Kali ini kami akan berbagi tutorial cara scan di printer Epson  L360. Tutorial ini sangat cocok untuk teman-teman jika ingin menscan foto, KTP, ijazah, gambar, teks atau dokumen lainnya menggunakan printer Epson L360.
Nah, di artikel ini  kami akan memberi tutorialnya bagaimana cara menggunakannya
..

  • Hidupkan printer anda dengan menekan tombol ON dan tunggu beberapa saat hingga printer siap digunakan.
    Lalu buka penutup scanner atau conver scanner dan masukkan dokumen yang ingin di scan
  • Pastikan posisi dokumen menghadap kebawah agar scan berhasil. Karena jika posisi menghadap ke atas maka ini posisi salah. Dokumen dapat diletakkan di tengah-tengah scanner atau pinggir
  • Lalu tutup cover scanner dengan hati-hati agar posisi dokumen tidak berubah.
  • Buka laptop anda, lalu klik Start, pilih Folder EPSON, lalu EPSON SCAN
  • dan klik pada EPSON Scan



  • Tunggu beberapa saat program Epson Scan muncul di layar laptop
  • Tanpa mengubah apapun klik tombol Pindai (s). Atau jika ingin mengubah pengaturan seperti hasil output ingin format JPEG, Bitmap, PDF, dan tempat penyimpanan bisa klik pada tombol “Sesuaikan (o)” lalu klik Pengaturan Penyimpanan File (s). Setelah selesai klik OK.



  • Jika pengaturan sudah selesai maka klik Pindai (s) dan tunggu proses pemindaian dokumen berlangsung hingga selesai.

  • Hasil pemindaian akan terlihat sebelum benar-benar selesai pada proses scan dan nantinya akan otomatis terbuka pada folder penyimpanan laptop anda.
  • Selesai, dokumen sudah berhasil di scan. Anda dapat melihat di folder tempat menyimpan hasil
  • Silakan ambil dokumen yang sudah di scan dari scanner epson L360. 
  • Baik teman-teman sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi teman-teman.Selamat mencoba....

Jumat, 16 Oktober 2020

CARA MENGAMBIL GAMBAR/LAYAR DI PC/LAPTOP DENGAN PrintScr

 

CARA MENGAMBIL GAMBAR/LAYAR DI PC/LAPTOP DENGAN PrintScr



kadang saat kita ingi menyimpan suatu gambar atau artikel yang tidak bisa di copy paste tentunya membuat kita bingung untuk mencari artikel yang lain yang sama seperti yang kita temukan sebelumnya.. tapi tenang sekarang solusi mudahnya tinggal PrintScreen / Screenshot 


1. siapkan layar yang akan di screenshot (usahakan agar gambar terlihat semua)

2. tekan tombol Print Scr pada Keyboard 

3. setelah itu buka aplikasi Paint pada komputer/laptop kalian 

4. Lalu Tekan Tombol Ctrl + V pada Keybord 

5 Setelah itu kalian Selection gambar yang ingin di ambil dengan Tool di Paint Seperti gambar dibawah ini :

Baca Juga : Pengertian dan Penggunaan Autofill Pada excel 2013


6.  Setelah Selection gambar lalu kalian bisa Klik Crop Seperti gambar dibawah ini 
7. setelah itu kalian bisa Save As dimanapun yang kalian inginkan.


Bagaimana mudah bukan... selamat mecoba dan semoga bermanfaat untuk menambah ilmu kalian semua, jangan lupa untuk kunjungi Artikel kami yang lain erdiprint.blogspot.com





Senin, 21 September 2020

Cara Mengatasi Hasil Print yang Bergaris di Epson L360

 

Cara Mengatasi Hasil Print (cetak) Bergaris di Epson L360

Mungkin kalian yang kebetulan menggunakan printer jenis Epson L360, pernah mengalami hasil print yang bergaris / huruf ga sempurna hasilnya. Nah… jika kalian mengalami yang seperti itu, coba kalian baca dulu disini… kali bermanfaat…

 


Ada beberapa masalah yang menyebabkan Hasil Print (cetak) Bergaris :

  1. Printer sudah lama tidak dipakai.
  2. Tinta sudah habis.
  3. Kotor

Coba kalian lakukan beberapa langkah seperti :

A.    Cek tinta printer

Coba cek tinta printer terlebih dahulu karena biasanya hasil bergaris di sebabkan juga karena kehabisan tinta, yang membuat hasil print bergaris .

B.    Apabila tinta habis maka secepatnya isi atau jika tinta masih ada kita lanjutkan ke cara berikutnya apabila hasil cetak masih tidak sempurna.

C.    Masuk ke cara Maintenance

Untuk cara ini adalah cara terakhir biasanya akan berhasil dan hasil print akan kembali normal seperti biasanya, tanpa ada hasil yang bergaris.

 Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan Maintenance Head Cleaning atau Maintenance Nozzle Check , jangan khawatir karena cara kerja kedua hampir sama yaitu dengan cara Cleaning, yaitu dengan cara kerja pertama yang di lakukan mencetak hasil print apabila hasil print tidak sempura maka hal yang dilakukan selanjutnya adalah cleaning. 

 Cara untuk Melakukan Maintenance Head Cleaningialah :

  1. Klik Start > Klik Device and Printers atau Klik Control Panel > Klik Hardware and Sound > Klik Device and Printers.
  2. Cari Printer logo dengan nama Printer kalian yang akan Kita Maintenance Head Cleaning, disini admin menggunakan Epson L360 tapi cara ini sama dengan Epson L310.
  3. Klik Kanan pada printer yang kita pilih > Klik Printer Preferences maka akan tampil menu.
  4. Kemudian Klik Maintenance > Klik Head Cleaning > Klik Start > Klik Print Noozle Check > Klik Print.
  5. Apabila hasil print (cetak) tidak sempurna maka Klik Clean tunggu beberapa menit (biasanya kalau pertama clean kurang lebih 1 menit)
  6. Kemudian jika sudah beres akan muncul Print dan Clean , Klik Print terlebih dahulu apakah hasil sudah sempurna, jika belum maka Klik Clean kembali ,tapi jika hasil print sudah sempurna maka Klik Finish.


Semoga bermanfaat… Selamat mencoba & semoga berhasil : )