FOTOCOPY - PRINT - JILID - INTERNET - LAMINATING - TIKET PESAWAT - EKSPEDISI - PEMBAYARAN TELKOM PLN BPJS DAN PEMBELIAN PULSA/DATA

Selasa, 04 Agustus 2020

Perbedaan format JPG dengan PNG

JPG dengan PNG


Perbedaan antara format JPG dengan PNG tidak lah terlalu banyak yaitu hanya pada tingkat kompresi, fitur, dan pemakaiannya saja.

Kompresi

·         JPG menggunakan metode kompres lossy.

JPG alias Joint Photographic Experts Group yang kadang juga orang ada yang menyingnkatnya JPEG. JPG udah dikembangkan sejak lama, ya sebagai format file yang mendukung optimalisasi size gambar secara otomatis, dengan cara mengurangi bagian-bagian tertentu pada foto, namun tetap mengedepankan kualitas (lossy). Format JPG ini biasanya digunakan untuk photography, karena kebanyakan memiliki size gambar yang besar.

·         PNG menggunakan metode kompres lossless.

PNG atau Portable Network Graphics. Format ini adalah jenis gambar yang memiliki fitur kompres tanpa mengurangi kualitas sedikitpun (lossless). PNG  ini biasanya dipakai pada di situs-situs internet. Tidak hanya itu, para ilustrator digital juga biasanya menggunakan format PNG ini untuk gambar-gambar jenis ilustrasi dan vector, dengan alasan line (garis) yang dibuat tidak pecah.

Pemakaian

JPG biasanya dipakai untuk foto dengan gaya fotografi. Misalnya, foto pemandangan, hasil kamera, dan sejenisnya. Alasannya, karena size yang dihasilkan akan bisa dioptimalisasi agar jadi lebih kecil.

Sedangkan, PNG biasanya dipakai untuk gambar ilustrasi seperti vector atau animasi (gambar 2D). Alasannya, karena garis (line) yang dibuat tidak akan pecah dan kualitas gambar pun akan tetap sama seperti pengaturan saat gambar disimpan dari aplikasi editing foto.

Fitur:

v  Selain fitur kompresi bawaannya, JPG juga mendukung fitur yang bernama EXIF (Exchangeable Image File). Dimana ni fitur menyimpan informasi pada sebuah foto seperti  jenis kamera, lokasi, kapan dan memakai perangkat kamera apa foto tersebut diambil.

EXIF tentunya sangat bermanfaat untuk para fotografer. Karena informasi tentang foto ini bisa menjadi referensi mereka, entah itu untuk memotret, atau untuk memilih perangkat kamera apa yang harus dipakai.

v Sedangkan fitur yang dimiliki PNG yaitu fitur transparency yang membuat foto menjadi transparan. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa membuat sebuah gambar tanpa latar belakang tertentu alias transparan, biasanya dipakai oleh para Ilustrator ketika sedang membuat gambar, mengedit, atau menyatukan gambar.

Sekian dan semoga bermanfaat :)

 

 

 




Jumat, 03 Juli 2020

Cara Menggunakan Flash Fill Excel 2013

Cara Menggunakan Flash Fill Excel 2013

Anda mungkin sudah familiar dengan Fitur Autofill pada excel yang sering kita gunakan untuk mengisi cell secara otomatis, Pada micosoft excel versi 2013 keatas ditambahkan lagi kemampuan autofill yaitu dengn fitur Flash fill. Flash fill excel bekerja dengan cara membaca cell disamping kanan atau kiri sebagai cell pembentuknya, flash fill akan secara otomatis membaca pola yang kita tuliskan. salah satu contoh penggunaanya adalah untuk mengisi nama lengkap dari 2 cell tanpa harus menggunakan Fungsi atau rumus. cara menggunakan flash fill sangat mudah, kita dapat akses pada tab Home, Group editing pilih  Flash fill atau menggunaka ShortCut

Jika belum mengetahui apa itu Autofill bisa membaca link artikel dibawah ini :
Pengertian dan Penggunaan Autofill Pada excel 2013

cara menggunakan flash fill excel 2013

Cara menggunakan Flash fill excel 2013

Banyak sekali manfaat menggunakan Flashfill di excel 2013 Berikut ini beberapa contoh penggunaan Flash fill di excel yang cukup membantu memudahkan kita dalam pekerjaan sehari-hari.

  • Cara Menggunakan Flash fill untuk Penggabungan Teks

Menggabungkan teks dalam excel biasanya kita dapat gunakan fungsi CONCATENATE atau AMPERSAND (&). Cara paling mudah untuk menggabungkan teks dapat kita gunakan Flah Fill. pada tabel dibawah  ini kita diminta untuk mengisi kolom Full name.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel
menggunakan flash fill di excel 2013

Langkah-langkah
1. Tulisakan Format yang diinginkan pada Cell E10. contoh “AFNI YAMIN” atau “AFNI,Bin YAMIN”
2. Letakan Pointer dibawahnya Cell E11
3. Gunakan Shorcut CTRL+E atau Flashfill tools pada tab Home
4. Data akan terisi otomatis dengan Nama lengkap.

  • Cara Menggunakan Flash fill untuk Ekstrak tanggal

Flas fill ini juaga dapat anda gunakan untuk mengekstrak data tanggal dengan hanya mengambil data bulan, hari, atau tahunnya saja tanpa kita harus menggunakan Fungsi/rumus Date.
flash fill excel data tanggal
Langkah-Langkah
1. Tuliskan data hari pada cell C10.  Ketik “16”
2. Letakan Pointer pada cell C11
3. Gunakan Shortut CTRL+E
4. Ulangi langkah diatas untuk mengisi data kolom bulan dan tahun.

  • Cara Menggunakan Flash fill untuk Merubah format data angka atau teks

Contoh penggunaan flash fill excel lainya adalah anda dapat gunakan untuk memberikan format data yang berbeda pada cell hasil, sebagai  contoh, kita akan menambahkan tanda “-” pada NIP pegawai. Lihat contoh di bawah.

Baca Juga : Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel
flash fill excel format

Langkah-Langkah :
1. Tuliskan format yang kita iginkan pada cell C10.  
2. Letakan Pointer pada cell C11
3. Gunakan Shortut CTRL+E
4. Ulangi langkah diatas untuk mengisi data kolom bulan dan tahun.

Masih banyak lagi manfaat dari flash fill, anda dapat gunakan untuk mengambil data teks atau angka dari suatu data, mengubah format ke huruf besar, kecil, atau besar kecil, dan masih banyak lagi. selamat mencoba, jangan lupa untuk kunjungi artikel kami yang lainnya erdiprint.blogspot.com semoga bermanfaat.

 


Rabu, 24 Juni 2020

Pengertian dan Penggunaan Autofill Pada excel 2013

Penggunaan Autofill excel 2013

Autofill adalah fitur pada micosoft excel yang berfungsi untuk mengisi data secara otomatis berdasarkan patern atau pola tertentu. penggunaan autofill sangat dipakai dalam excel untuk membuat penomoran dan copy formula dengan otomatis. tipe data yang dapat kita autofill adalah data berupa angka, teks, jam, tanggal, bulan, tahun, dan formula (rumus). cara penggunaan autofill dapat anda lihat pada tampilan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel



Autofill Angka

Cara menggunakan autofill dapat anda lakukan melalui dua cara, anda dapat menggunakan tools yang sudah disediakan di excel namanya adalah fill. anda dapat mengkases pada Tab home dan berada pada grup editing. Selain menggunakan tombol fill cara yang paling mudah adalah menggunakan drag mouse kita dapat autofill menggunakan tanda Plus pojok kanan bawah cell dan drag sesuai kebutuhan.



Fill Icon


Drag Mouse


Cara Autofill excel untuk data angka :

Baca Juga : Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel

Lakukan Langkah – Langkah berikut ini :

  1. Letakan pointer pada cell B38
  2. Ketikan angka 1
  3. Pada pojok kanan bawah klik dan tahan mouse, kemudian drag kebawah sampai pada cell B42.Lepaskan klik mouse.
  4. klik Autofill option dan pilih Fill series. maka akan dibuatkan angka berurut dari 1 sampai 5

Catatan : penggunaan autofill dapat anda gunakan untuk berbagai arah, drag kebawah, keatas, ke kanan dan kiri sesuai kebutuhan.

Cara Autofill excel untuk data tanggal :



Lakukan Langkah – Langkah  berikut ini :

  1. Letakan pointer pada cell I20
  2. Ketikan data tanggal 2/24/2017 atau gunakan shorcut masukan tanggal hari ini “CRTL+;
  3. Pada pojok kanan bawah klik dan tahan mouse, kemudian drag kebawah sampai pada cell I24.Lepaskan mouse.
  4. klik Autofill option dan pilih Fill series. maka akan dibuatkan tanggal yang terurut.

Catatan : Autofill option untuk data tanggal mempunyai pilihan yang berbeda dengan data text ada beberapa opsi tambahan yang dapat digunakan.

  • Fill Days : Membuat data tanggal dengan urutan hari
  • Fill Weekdays : Membuat data tanggal dengan urutan hari kerja saja ( hari sabtu dan minggu tidak disertakan)
  • Fill Months :Membuat data tanggal dengan urutan bulan
  • Fill y]Years : Membuat data tanggal dengan urutan tahun

Cara Autofill excel untuk Formula (rumus)

Baca Juga : Pengertian Cell,Range,Row dan Column pada Microsoft Excel

Lakukan Prosedur berikut ini :

  1. Letakan pointer pada cell G39
  2. Ketikan Rumus perkalian “=E39*F39” tekan Enter
  3. Pada pojok kanan bawah klik dan tahan mouse, kemudian drag kebawah sampai pada cell G43.Lepaskan mouse.

Catatan : Autofill dapat menggunakan double klik tanda plus pada pojok kanan bawah cell. dengan syarat pada kolom sampingnya terdapat referensi cell.

Bagaimana mudah dipahami bukan, semoga artikel ini bermanfaat dan memberi pengetahuan untuk kita semua. Jangan lupa kunjungi artikel artikel menarik kami yang lainnya erdiprint.blogspot.com.. Terima Kasih








Senin, 15 Juni 2020

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel
Gambaran umum tabel Excel - Dukungan Office

Anda  masih membuat tabel dengan Border style?? membuat tabel dengan border tidaklah salah, cara ini umum digunakan oleh banyak penggguna excel awam. berikut  cara membuat tabel di microsoft excel dengan mudah. Membuat tabel umumnya dibuat setelah data sudah ada (sudah di ketik terlebih dahulu) pada worksheet, excel memfasilitasi pembuatan tabel dengan data yang sudah ada maupun masih kosong. untuk pembuatan tabel dengan data yang sudah ada ikuti langkah berikut :

cara membuat tabel di microsoft excel

Baca Juga : Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel|
 Edit Gambar Menggunakan Paint

  1. Seleksi / blok data range yang akan dibuat tabel.
  2. Masuk ke Tab Insert, pilih table
  3. Pada window create table otomatis akan di referensikan alamat cell yang terseleksi. check list My table has header jika data sudah mempunyai header (judul kolom).
  4. Klik OK.

Hasilnya tampilan adalah seperti dibawah ini. tabel sudah diformat secara otomatis oleh excel dengan dropdown filter pada masing masing judul.

table1

Edit Tabel di microsft excel

Setelah anda selesai membuat tabel, pada menu tab akan muncul tab baru namanya adalah Tab Design, Tab ini berfungsi untuk mengatur fungsi tabel.

Baca Juga : Pengertian Cell,Range,Row dan Column pada Microsoft Excel
Fungsi Menu Ribbon Microsoft Excel

tablestyle

Design table

Untuk edit table style, ikuti prosedur berikut ini.

  1. Letakan pointer pada area data tabel.
  2. Masuk ke tab Design (table Tools), pada table styles sorot salah satu model table yang akan dipakai. excel akan menampilkan live preview pada tabel.
  3. Untuk memilih klik salah satu table style.

Setelah selesai membuat tabel ada opsi tambahan untuk mengatur tabel yaitu Table Style Option. grup ini berfungsi untuk tambahan data pada tabel dengan cara cheklist :styleoption

  • Header Row = Menampilkan dan menghilangkan Baris judul
  • Total Row = Menambahkan baris TOTAL pada akhir baris. jika terdapat data maka akan dikalkulasikan secara otomatis.
  • Banded Row = Memberikan format berbeda antar baris untuk memudahkan membaca data.
  • First Column = Memberikan format tampilan seperti header untuk menandai kolom awal.
  • Last column = Memberikan format tampilan seperti header untuk menandai kolom akhir.
  • Banded Columns = Memberikan format berbeda antar kolom untuk memudahkan membaca data.
  • Filter button = untuk menampilkan dan  menyembunyikan dropdown filter.

Untuk menambahkan baris pada tabel cukup letakan kursor pada cell paling akhir dan gunakan tombol tab pada keyboard untuk menambahkan datanya. format tabel pada baris baru akan otomatis akan diformat sesuai format tabel yang sudah ada. ada banyak cara membuat tabel di microsft excel, salah satunya dengan cara diatas.

Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda dan jangan lupa kunjungi blog kami untuk artikel bermanfaat lainnya erdiprint.blogspot.com . terimakasih….

 


Kamis, 11 Juni 2020

Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel

Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel
Di Posting Tanggal 10 Juni 2020

Setelah anda memahami apa itu Baris, kolom, cell dan range pada excel, selanjutnya kita akan mencoba bekerja dengan menggunakan baris dan kolom di excel. Pada materi ini kita akan mencoba menambahkan kolom dan baris pada data excel kemudian edit kolom dan barisnya. menambahkan kolom dan baris ini mempunyai fungsi ketika kita bekerja dengan suatu data kemudian kita akan menyisipkan data baru pada data tersebut atau sebaliknya kita dapat hapus kolom dan baris data ketika kita tidak membutuhkannya.

Jika belum memahami apa itu Baris, kolom, cell dan range pada excel bisa dibaca terlebih dahulu 
Pengertian Cell,Range,Row dan Column pada Microsoft Excel

Baca Juga : Fungsi Menu Ribbon Microsoft Excel

Cara Menambahkan kolom dan baris baru

Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menambahkan kolom dan baris pada data excel, kita dapat gunakan shortcut atau dapat menggunakan command button yang sudah tersedia pada Tab Home.

Cara #1

Menambahkan baris dan kolom dengan command button/perintah pada Tab Home. berikut prosedurnya.

menambahkan kolom dan baris excel

  • Menambah kolom baru
    1. Letakan Pointer pada kolom data
    2. masuk ke tab Home
    3. Klik insert dan Pilih Insert Sheet Column

Sama halnya dengan menambah baris baru, kita dapat lakukan step berikut :

  • Menambah Baris baru
    1. Letakan Pointer pada Baris data
    2. masuk ke tab Home
    3. Klik insert dan Pilih Insert Sheet Rows

CARA #2

Cara menambahkan baris atau kolom baru dengan menggunakan Klik kanan (shortcut):

menambahkan baris dan kolom pada excel

insert row

  1. klik kanan pada nomor baris yang diinginkan.
  2. pada Form pilih Insert
  3. Jika akan menambahkan lebih dari satu baris anda dapat seleksi nomor sesuai dengan kebutuhan kemudian klik kanan pilih insert.

Prosedur untuk menambahkan kolom baru pada tabel hampir sama dengan baris :

menambahkan kolom pada micosoft excel

  1. Klik kanan pada kolom Huruf yang akan ditambahkan datanya. .
  2. Pilih Insert
  3. Jika akan menambahkan lebih dari satu kolom anda dapat seleksi kolom sesuai dengan kebutuhan (misal 2 kolom terseleksi) kemudian klik kanan pilih insert.
  4. Kolom baru akan ditambahkan pada kolom sebelumnya dari kolom yang kita seleksi.

Cara menghapus baris dan kolom

Baca Juga : Cara Menambahkan dan Menghapus Shortcut Pada Quick Access Toolbar

Untuk menghapus baris atau kolom yang sudah tidak di butuhkan dalam data, anda dapat lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik kanan pada nomor baris atau kolom kuruf yang akan di hapus
  2. Untuk menghapus lebih dari satu cell anda dapat gunakan seleksi beberapa baris atau kolom.
  3. Pilih Delete

Melebarkan baris dan kolom sesuai isi data

Setelah kita inputkan data pada cell dengan digit angka atau huruf yang panjang, biasanya data tersebut ditampilkan dengan symbol “#####” untuk menampilkanya full dalam satu cell lakukan langkah berikut ini.

melebarkan kolom cell

  1. Blok kolom B,C,D
  2. Arahkan kursor pada batas kolom atau baris
  3. Pastikan Kursor membentuk simbol +
  4. Anda dapat gunakan Double Klik pada batas baris atau kolom tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa kunjungi blog kami di erdiprint.blogspot.com untuk mendapatkan informasi dan artikel yang bermanfaat lainnya.. 

 


Senin, 01 Juni 2020

Edit Gambar Menggunakan Paint

Edit Gambar Menggunakan Paint

Kalian tentunya dah kenal dengan Paint bukan? Paint merupakan sebuah program bawaan dari Windows yang dapat kita gunakan untuk melakukan beberapa funsgi edit gambar yang sering kita butuhkan. Antara lain seperti merubah tipe file gambar, memotong, merubah ukuran, merotasi gambar, menambahkan tulisan, gambar, dan sebagainya.

Keunggulan Paint ialah penggunaannya yang sangat mudah, ringan, tidak perlu instalasi, dan user friendly. Langkah – langkah mengenai penggunaan Paint untuk melalukan editing foto atau gambar digital.

Buka Paint. Anda dapat membukanya dengan masuk ke start, ketikkan kemudian klik “Paint”.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Untuk memulai mengedit, silahkan buka gambar yang ingin kalian edit dengan melakukan klik “File – Open” dan kemudian pilih gambar.

Merubah tipe File.

Setelah membuka gambar, jika kalian hanya ingin merubah tipe file dari gambar, kalian dapat langsung klik “File – Save As”.


Kemudian anda dapat memilih tipe file sesuai yang anda inginkan. Anda dapat memilih PNG, JPG, BMP, GIF, atau Other Formats untuk melihat jenis format lainnya. Format jenis lainnya dapat anda lihat pada box seperti pada dibawah ini.

Setelah itu Save, OK.

Untuk melakukan beberapa fungsi dasar seperti memotong gambar/ cropping, merubah ukuran, dan rotasi, anda dapat fokus ke bagian dari tab home dibawah ini.


Memotong Gambar/ Cropping

Untuk melakukan Cropping, yang kalian lakukan pertama-tama ialah klik “Select” dan kemudian select bagian dari gambar yang ingin kalian pertahankan. Setelah itu, Klik “Crop”. Setelah itu simpan/ save.

Merubah Ukuran/ Resize

Klik Resize, setelah itu akan muncul box seperti dibawah ini.


Kalian dapat memilih merubah ukuran bedasarkan ukuran pixel tepatnya atau bedasarkan persentase. Agar ukuran perbadingan panjang dan lebar gambar tetap, beri tanda centang pada “Maintain Aspect Ratio”. Setelah itu OK. Setelah itu simpan.

Menambahkan Tulisan

Untuk menabahkan tulisan, klik tombol seperti


Setelah itu kalian dapat menarik kotak tulisan di tempat yang ingin kalian letakkan dan kemudian memasukkan tulisan. Kalian pun dapat mengatur-atur tampilan dari text kalian sesuai dengan yang kalian inginkan. Mulai tipe tulisan, warna tulisan, ukuran tulisan, kotak tulisan yang transparent atau berwarna (Opaque) dan sebagainya.

Kalian harus meyakinkan editan kalian, karena setelah keluar dari Text Tools, tulisan kalian akan bersatu dengan gambar dan tidak dapat diedit kembali, selain undo.

Sekian dulu untuk Paint.. Semoga bermanfaat :)

 


Senin, 25 Mei 2020

Pengertian Cell,Range,Row dan Column pada Microsoft Excel

Pengertian Cell dan Range pada Microsoft Excel

Diposting erdiprint.blogspot.com/ pada Tanggal 25 mei 2020

Microsoft excel mempunyai bagian-bagian penting salah satunya adalah Workbook dan Worksheet, selanjutnya kita akan membahas bagian excel lainnya yaitu Row (baris), Column (kolom), Cell dan RangeEmpat objek ini merupakan objek utama dalam program microsoft excel. saat pertama kali anda belajar excel, mungkin anda akan bingung melihat lembar kerja berbentuk kotak-kotak yang sangat banyak, sangat berbeda dengan aplikasi office lainya. Pada lembar kerja excel tampilan kotak-kotak ini disebut cell yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung data excel. Selanjutnya pada bagian ini kita juga akan belajar memahami tentang pengertian cell dan range dengan melakukan beberapa kegiatan dasar di excel yaitu seleksi data, input data, hapus data dan edit data pada cell.

Baca Juga : Fungsi Menu Ribbon Microsoft Excel

Pengertian Cell dan Range, Row, Column

  • Row adalah baris horisontal pada lembar kerja excel yang di wakili oleh nomor (1,2,3,4…..) dengan jumlah baris maksimum adalah 1.048.576row pada excel
  • Column adalah kolom vertikal pada lembar kerja excel yag diwakili oleh Huruf (A,B,C,D,E,….) dengan jumlah kolom maksimum adalah 16.384 atau kolom (XFD)kolom pada excel
  • Cell adalah tempat untuk menginput dan menampung data pada excel yang didalamnya terdapat alamat cell. alamat cell merupakan titik temu antara kolom dan baris. Sebagai contoh jika sebuah kursor berada di kolom C dan baris 6, maka alamat cellnya adalah C6. alamat cell ini akan ditampilkan pada name box, lihat gambar dibawah.Pengertian cell
  • Range adalah gabungan dari beberapa cell atau bisa juga di artikan gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris. Range juga mempunyai alamat yaitu dengan cara membaca alamat cell awal = A1 dengan alamat cell akhir = D4. Dari gambar di bawah ini maka alamat range dapat diartikan Range A1:D4.
pengertian range

 Cara Input data kedalam cell

Untuk memasukkan data kedalam cell Excel dapat dilakukan dengan posedur berikut

Baca Juga : Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah & Cepat

  1. Klik Cell tujuan Misal “A1” dengan menggunakan mouse atau keyboard (tombol kursor).
  2. Setelah cell terpilih, ketikan data yang ingin dimasukkan menggunakan keyboard.
  3. Tekan tombol Enter atau TAB.
    • Anda dapat menggunakan tombol Tab untuk menginput data, kursor akan berpindah ke kanan ke kolom berikutnya.
    • Anda dapat menggunakan tombol Enter ditekan, kursor akan pindah satu baris ke bawah.
    • Untuk membatalkan inputan data anda dapat menggunakan tombol Esc (Escape).

Edit data dan Berpindah antar cell

Jika terjadi kesalahan memasukkan data, anda dapat mengubahnya dengan prosedur berikut ini :

  1. Klik Cell yang akan diubah.
  2. Untuk melakukan perubahan data tekan tombol F2 atau double klik pada cell kemudian ubah datanya.

Berpindah antar cell dapat anda lakukan menggunakan tombol navigasi pada keyboard :

  1. Tombol panah atas : berfungsi untuk menuju satu cell diatasnya
  2. Tombol panah bawah : berfungsi untuk menuju satu cell dibawahnya
  3. Tombol panah kanan : berfungsi untuk menuju satu cell ke kanan
  4. Tombol panah kiri : berfungsi untuk menuju satu cell ke kiri

Cara Seleksi cell dan range

Seleksi cell pada lembar kerja excel dapat dilakukan dengan menggunakan klik mouse dan drag mouse, klik mouse satu kali akan menseleksi satu cell saja, untuk lebih dari satu cell anda dapat menggunakan Drag mouse untuk beberapa cell. untuk seleksi range (blok range) anda dapat gunakan tahan klik dan drag mouse sampai terseleksi range tersebut, atau dapat menggunakan shortcut keyboard Shift+Anak panah. contoh seleksi range untuk tabel di bawah dengan prosedur berikut :

Baca Juga : Cara Menambahkan dan Menghapus Shortcut Pada Quick Access Toolbar

Pengertian cell dan range

Contoh kasus : Seleksi atau Blok data dalam kolom “Item” dari data buku sampai dengan ruler

  1. Letakan Pointer pada cell C38
  2. Klik mouse dan tahan Drag (geser) sampai pada kolom C42, anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard Shift+Panah kanan.
  3. Setelah data terseleksi nantinya anda dapat copy, cut atau format range tersebut dengan pewarnaan cell atau yang lainya sesuai kebutuhan.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.. Jangan Lupa kunjungi artikel kami yang lainnya di erdiprint.blogspot.com Terimakasih..

 

                                                                                                                              


Senin, 18 Mei 2020

Fungsi Menu Ribbon Microsoft Excel

Membuat Menu sendiri dengan Customize Ribbon

Menu Ribbon microsoft excel
erdiprint.blogspot.com di posting pada tanggal 18 Mei 2020 

Menu Ribbon pertama kali diperkenalkan oleh microsoft pada microsoft office 2007, yaitu dengan tujuan agar user lebih mudah dan intuitif dalam menggunakan tools excel. pada versi excel 2007 menu ribbon secara default tidak dapat kita customize sesuai dengan keinginanan kita.  pada excel versi 2010 ketas menu ribbon sudah ditambah kemampuanya yaitu ditambahkan customize ribbon. Customize ribbon adalah salah satu fitur pada menu ribbon yang digunakan untuk mengelompokkan tools excel kedalam sebuah menu tab.

Baca Juga : Cara Menambahkan dan Menghapus Shortcut Pada Quick Access Toolbar

customize ribbon excel

customize ribbon

Kegunaan dan fungsi dari customize ribbon adalah kita dapat membuat menu tab baru dengan mengelompokan tools yang sering kita pakai. sebagai contoh setiap hari kita bekerja dengan tools excel yaitu Sort, Conditional formatting, Filter, PivotTable, Chart, Data validation, Format Painter, Insert Function dan tools lainnya. kita ingin agar kita mudah menjangkau tools-tools tersebut tanpa harus mencari ke menu tab lain cukup dalam satu menu tab saja. berikut langkah-langkah untuk membuatnya

Baca Juga : Tujuan dan Maksud Garis Merah dan Hijau yang Ada di Word

  1. Masuk ke tab file, pada backstage view pilih Option
  2. Pada window Excel option pilih Customize ribbon.
  3. Akan tampil 2 kolom pada customize ribbon, kolom kiri adalah kolom tools, dan kolom kanan adalah kolom menu tab
  4. Kita akan buat menu baru setelah tab home, maka kita klik home kemudian pilih New tab. kemudian akan dibuatkan tab dan group baru bentuknya adalah custom.
    new tab customize ribbon
  5. Klik new tab kemudian pilih Rename. kita dapat ubah nama tabnya menjadi “Tools Didi” dan nama groupnya adalah “Olah data”
  6. Untuk menambahkan tools yang akan kita gunakan. pertama klik pada group “olah data” yang sudah dibuat kemudian pilih toolsnya misal adalah PivotTable kemudian klik Add.
    menggunakan customize ribbon
  7. Tambahkan semua tools yang anda inginkan. jangan klik OK untuk menyimpannya.
  8. Hasil dari tampilanya seperti penampakan berikut.

cara customize ribbon

Setting Customize ribbon

Setelah kita membuat menu custom, menu ini hanya akan disimpan dalam aplikasi excel yang sedang kita pakai saja. agar dapat kita gunakan untuk aplikasi excel di komputer yang lainnya kita dapat export pengaturannya dan import kedalam aplikasi excel di komputer yang lainya. Kita juga dapat Hide dan Unhide menu tab yang ada pada ribbon deng check dan uncheck pada ribbon

Baca Juga : Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah & Cepat

export cuztomize ribbon

Bagaimana Sudah Cukup paham bukan... jangan lupa untuk kunjungi artikel kami yang lainnya yaa.. Terima Kasih 


Kamis, 14 Mei 2020

Cara Menambahkan dan Menghapus Shortcut Pada Quick Access Toolbar

Shórtcut pada Quick Access Toolbar

DiPosting erdiprint.blogspot.com pada 14 mei 2020

Quick Access Toolbar adalah sebuah menu di excel yang berfungsi untuk menampilkan shortcut/tools yang sering kita gunakan (popular tools). secara default ada tiga tools yang di tampilkan yaitu save, undo, redo. nantinya kita dapat menambahkan beberapa tools sesuai dengan kebutuhan.ada beberapa tools default dang dapat ditambahkan yaitu, New document, print, short ascending dan descending, dll. Quick access toolbarr ini juga sering dibaca QAT saja agar lebih mudah membacanya.

quick access toolbar pada excel

Baca Juga : Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah & Cepat

Menambahkan shortcut pada quick access toolbar

Ada dua cara untuk menambahkan tools pada QAT, kita dapat menambahkanya melalui dropdown atau kita dapat menggunakan klik kanan pada tools yang akan kita tambahkan. untuk penggunaanya sebagai berikut.

add to quik access toolbar

Cara 1

1.      Klik dropdown QAT

2.      Pilih more commands

3.      Pada excel options pilih QAT

4.      Klik pada tools di kolom sebelah kiri

5.      klik add

6.      Klik OK

Cara 2

1.      Klik kanan pada salah satu tools di menu ribbon

2.      Add to quick access toolbarr

3.      Tools akan ditampilkan pada QAT

add to quik access toolbar 2

Menghapus shortcut pada quick access toolbar

Baca Juga : Tujuan dan Maksud Garis Merah dan Hijau yang Ada di Word

Setelah anda menambahkan tools pada QAT, sekarang bagaimana untuk menghapus ketika shortcut tersebut sudah tidak kita gunakan, caranya sebagai berikut

1.      Klik kanan pada tools di QAT

2.      pilih remove from QAT.

Tidak ada batasan dalam penambahan tools pada QAT . tetapi tidak disarankan terlalu banyak. anda juga dapat meletakan quick access toolbar ini di atas ribbon atau di bawah ribbon dengan menggunakan klik kanan kemudian dapat memilih show below the ribbon.

Bagaimana mudah bukan, jangan lupa kunjungi artikel kami yang lainnya. Terima Kasih


Senin, 11 Mei 2020

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah & Cepat

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah & Cepat

Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang Tujuan dan Maksud Garis Merah dan Hijau yang ada di Word 
Maka artikel kali ini bertujuan untuk menghilangkan Garis Merah dan Hijau tersebut. 
Ada beberapa orang yang menganggap hal itu tidak mengganggu, namun ada juga yang merasa terganggu dengan kehadiran garis merah di Word. Untuk itu, kami akan memberikan cara mudah untuk cara menghilangkan garis merah di Word.

Baca Juga : Tujuan dan Maksud Garis Merah dan Hijau yang Ada di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Anda harus mengetahui tipe Microsoft Word yang digunakan di PC/laptop Anda terlebih dahulu. Sebab, pengguna Word 2016 dengan Word 2003, 2007, dan 2010 akan berbeda langkah-langkahnya. Menghilangkan Garis Merah di Word 2016

Pengguna Word 2016 bisa dengan mudah menghilangkan garis merah di Word. Anda hanya perlu ikuti beberapa langkah ini:

1. Buka dokumen Word yang ingin Anda hilangkan garis merahnya. Kemudian, klik pada File yang ada di bagian pojok kanan atas.



2. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi menu. Nah, di sini Anda hanya perlu klik pada menu Options yang ada di bagian paling bawah.



3. Jika sudah, maka akan muncul jendela options yang tadi Anda pilih. Sekarang, Anda bisa langsung klik menu Proofing.


4. Selanjutnya, di jendela proofing ini Anda bisa langsung atur agar garis merah di Word hilang dengan menghilangkan tanda checklist di bagian pengaturan Check Spelling as You Type. Informasi tambahan, untuk menghilangkan garis hijau, maka hilangkan checklist di bagian Mark grammar errors as you type.


5. Terakhir, kini Anda bisa langsung klik OK untuk menyimpan hasil pengaturan yang sudah Anda ubah.

Selesai, Peru diketahui juga, ketika Anda melakukan setting untuk menghilangkan garis merah di Word, maka semua dokumen Word yang dibuka di PC / laptop Anda tidak akan muncul garis merah.

  • Menghilangkan Garis Merah di Word 2010 ke Bawah

1. Seperti biasa, Anda bisa buka dokumen Word apapun yang ingin Anda hilangkan garis merahnya. Langkah berikutnya adalah, menekan atau klik Office Button yang ada di bagian pojok kiri atas.


2. Setelah itu, muncul jendela Office dengan beberapa menu. Untuk cara menghilangkan garis merah di Word, Anda bisa langsung pilih dan klik Word Options.


3. Selanjutnya, Anda bisa langsung pilih Proofing. Kemudian, muncul beberapa opsi untuk pengaturan, nah di sini Anda bisa langsung hapus checklist pada pilihan Check spelling as you type dan Grammar errors as you type. Jika sudah, terakhir bisa langsung klik OK untuk menyimpan pengaturan yang telah diubah.

Selesai, semua dokumen Word yang dibuka di PC / laptop Anda tidak akan muncul garis merah lagi. Pada dasarnya, baik di Word 2016 atau Word lainnya punya cara yang sama dengan penempatan menu yang berbeda saja.

Informasi tambahan, ketika Anda menghilangkan tanda checklist pada bagian “Grammar errors as you type” artinya Anda juga menghilangkan garis warna hijau di Word, Hal ini juga berlaku untuk setiap versi Microsoft Word, baik Word 2016, 2003, 2007, ataupun 2010. 

Bagaimana Cukup Bermanfaat bukan.. jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain erdiprint.blogspot.com. Terima Kasih